ANALISIS RUBRIK PENILAIAN SIKAP SISWA PADA SUBTEMA MACAM-MACAM SUMBER ENERGI DI KELAS IV SD NEGERI 53 BANDA ACEH

Tursinawati Tursinawati, Ismi Fitria Ulfa

Abstract


Penelitian ini berjudul. “Analisis Rubrik Penilaian Sikap Siswa pada Subtema Macam-macam Sumber Energi di Kela IV SD Negeri 53 Banda Acehâ€. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis rubrik penilaian dan penilaian sikap siswa pada subtema macam-macam sumber energi di kelas IV Negeri 53 Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah 27 siswa kelas. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa jenis penilaian terdiri atas unjuk kerja, porto polio, sikap sosial, sikap spiritual, observasi, dan daftar periksa. Aspek penilaian sikap pada subtema macam-macam energi terdiri atas rasa ingin tahu, tekun, teliti, kreatif, kerja sama, saling menghargai, dan percaya diri. Kemunculan penilaian sikap ilmiah pada subtema macam-macam energi didominasi oleh aspek sikap rasa ingin tahu, tekun, dan teliti. Sikap siswa dalam proses pembelajaran subtema macam-macam energi berada pada kategori mulai terlihat, sangat sedikit siswa yang mencapai kategori penilaian mulai berkembang dan sudah membudaya. Kemampuan guru dalam menanamkan sikap dan melakukan penilaian sikap dalam proses pembelajaran belum tercapai dengan baik. Hal ini dikarenakan guru masih mengalami kesulitan dalam melakukan penilaian karena keterbatasan waktu dan jumlah siswa yang banyak dalam satu kelas. Penilaian sikap siswa pada proses pembelajaran harus menyeluruh dan konsisten dari setiap pembelajaran sehingga menghasilkan evaluasi sikap siswa secara tepat dan benar.

Full Text:

PDF

References


Adisusilo. 2012. Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Al-Khouly. 2009. Kebijakan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: DPN

Bukhari, (1981). Terjemahan Hadist Shahih Bukhari. Surabaya: Toko Kitab Al-Asriyah.

Moleong, Lexy. 2009. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Mardalis. 2012. Langkah-langkah dalam Pembelajaran Tematik. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Mulyasa, 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nuh, Khalis. 2013. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Alpabeta.

Nursobah. 2013. Kurikulum 2013. Jakarta: Grafika Jaya.

Oetomo. 2014.Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Kusnandar. 2008. Karakteristik dalam Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana.

Sa’ud, Dkk. 2014. Kurikulum 2013. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Grafika Jaya.

-----------. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugyiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunaryo. 2004. Psikologi Pendidikan. Surabaya: UNNES.

Suryobroto. 2005. Tatalaksana Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Yusuf, Syamsu. 2006. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Grasindo Jaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v5i1.2164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0