POPULASI BURUNG RANGKONG (FAMILI BUCEROTIDAE) DI KAWASAN DEUDAP PULO ACEH, KABUPATEN ACEH BESAR

Laila Rahmati, Neni Ratna Ningsih, Yuri Gagarin, Rizky Ahadi

Abstract


Penelitian tentang Populasi Burung Rangkong (Famili Bucerotidae) di Kawasan Deudap Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar dilakukan pada April 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai jenis populasi burung rangkong yang terdapat di kawasan pesisir Deudap Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey explorative dengan melakukan observasi langsung pada objek pengamatan. Pengumpulan data menggunakan kombinasi metode titik hitung. Hasil penelitian diketahui bahwa di Kawasan pesisir Deudap Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar ditemukan 15 individu dari 3 spesies rangkong, yaitu rangkong papan (Buceros bicornis) 6 individu, rangkong badak (Buceros rhinoceros) 1 individu dan kangkareng perut putih (Anthracoceros albirostris) 8 individu. Hasil penelitian menunjukkan  populasi rangkong tergolong rendah yaitu 1  individu/Ha.

Full Text:

PDF

References


Asep ayat. 2011. Burung-burung agroforest di Sumatera. Bogor: ICRAF.

Kamal, S. Elita. A dan Zahratur R. 2016. Spesies Burung pada Beberapa Tipe Habitat di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Biotik. Vol: 4. No. 1. Edisi: April 2016. ISSN: 2337-9812. FTK Ar-Raniry Press.

Nurhayati Nunung. 2009. Biologi Bilingual. Bandung: Yrama widya.

Rosana. 2007. Atlas binatang,Aves dan invertebrata. Solo: Tiga serangkai.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v6i1.4076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0