IDENTIFIKASI JENIS KUPU-KUPU (Lepidoptera) DI KAWASAN DEUDAP PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

Andika Rahman, Maulida Wulandari, Yusniar Yusniar

Abstract


Kupu-kupu merupakan bagian dari kekayaan hayati yang harus dijaga kelestariannya. Kupu-kupu memiliki nilai penting bagi manusia maupun lingkungan antara lain: nilai ekologi, estetika, pendidikan, endemis, konservasi dan budaya. Kawasan Deudap Pulo Aceh adalah kawasan yang memiliki banyak tumbuhan berbunga sehingga banyak kupu-kupu yang hidup di daerah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kupu-kupu (Sub Ordo Rhopalocera) di kawasan Desa Deudap Pulau Nasi, Kecamatan Pulau  Aceh Kabupaten Aceh Besar. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di Kawasan Hutan Sekunder Desa Deudap, pada bulan april 2017. Pengambilan  sampel dimulai dari pukul 08.30 WIB sampai dengan  pukul 11.00 WIB. Kupu-kupu dewasa dikoleksi pada pagi hari dengan metode survey eksploratif (Jelajah) atau penangkapan langsung menggunakan Jaring serangga (insect net). Hasil penelitian menunjukkan jenis kupu-kupu yang diperoleh sebanyak 22 spesies dari 6 famili. Famili kupu-kupu tersebut terdiri dari famili Nympalidae, Pieridae, Eridae, Riodinidae, Papilionidae, dan Libellulidae. Famili yang mendominasi ialah Nympalidae, dengan spesies yang paling banyak di jumpai adalah Danaus plexippus (47 Individu).

Full Text:

PDF

References


Muchammad H., dkk., 2009, Entomologi, (Yogyakarta: Graham Ilmu).

Jumar, 2000, Entomologi Pertanian, (Jakarta: PT. Rineka Cipta).

Kindessley, D., 2010, Jendela Iptek Ekologi, (Jakarta: Balai pustaka).

Dwi R, A., 2011, Studi Keanekaragaman Jenis Kupu-Kupu (Lepidoptera) Di Ranu Regulo Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, jurnal bioheriditas, vol.2, no 2.

Morgan S., 2006, Kupu- Kupu, (Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri,).

Estallita S, R., dan Basukriadi A., 2012, ”Kelimpahan dan Keanekaragaman Spesies Kupu Kupu (Lepidoptera;Rophalocera) pada Berbagai Tipe Habitat di Hutan Kota Muhammad Sabki Kota Jambi”, Jurnal Biospesies, Vol. 5, No. 2.

Heny T, S., 2013, Keanekaragaman Jenis Kupu-Kupu Lepidoptera: Rhopalocera Di Kawasan Cagar Alam Ulolanang Kecubung Kabupaten Batang, Jurnal Bioekologi, vol.2, no.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v6i1.4082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0