JENIS-JENIS SERANGGA NOKTURNAL DI KAWASAN DESA DEUDAP (PULO NASI), KECAMATAN PULO ACEH, KABUPATEN ACEH BESAR, PROVINSI ACEH

Elsa Ramadhanita, Naja Fitria, Rita Harpida

Abstract


Kawasan desa Deudap terletak di Kecamatan Pulau Aceh, di kawasan Deudap banyak terdapat berbagai jenis serangga, salah satunya adalah serangga nocturnal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis serangga nocturnal pada  kawasan desa Duedap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey explorative.  analisis data menggunakan deskriptif dan table. Pengoleksian serangga dilakukan dengan menggunakan 5 stasiun. Hasil penelitian ditemukan 1.848 dari 161 spesies serangga nocturnal. Spesies yang paling banyak dijumpai pada ordo hymenoptera.


Full Text:

PDF

References


Adun Rusyana, 2011, Zoologi Invertebrata, Bandung : Alfabeta

Altieri, 1999, The ecological Role Of Biodiversity In Agroecosystems. Agricult Ecosys Enviro

Jumar, Entomologi,2000, Jakarta: Rineka Cipta.

Rudi Candra, Dkk, 2013, “Struktur Komunitas Serangga Nokturnal Areal Pertanian Padi Organik pada Musim Penghujan di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang”, Jurnal Biotropika, Vol. 1, No. 4.

Setiadi Agus, 2000, Pengantar Ekologi, Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v6i1.4226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0