KARAKTERISTIK SPESIES KARANG FAMILI ACROPORIDAE DI PANTAI NIPAH PULO NASI KABUPATEN ACEH BESAR

Fifi Karwati, Fika Rahmati, Irma Cyntia

Abstract


Karang merupakan hewan tak bertulang belakang yang termasuk ke dalam filum Coelenterata (hewan berongga) atau Cnidaria.  Hewan ini memiliki beberapa famili, salah satunya adalah famili Acroporidae. Salah satu ekosistem terumbu karang yang masih alami dan belum terganggu dengan berbagai aktivitas manusia terdapat di pantai Nipah Pulo Nasi Kabupaten Aceh Besar. Tujuan penelitian untuk mengetahui karakteristik spesies karang famili Acroporidae yang terdapat di pantai Nipah Pulo Nasi Kabupaten Aceh Besar. Penelitian menggunakan metode survey eksploratif dan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung dan secara non destructive sampling atau tidak merusak terumbu dan habitat karang. Hasil penelitian di pantai Nipah Pulo Nasi Kabupaten Aceh Besar terdapat 3 spesies karang famili Acroporidae yaitu Acropora gemmifera, Acropora humilis dan Acropora latistella.


Full Text:

PDF

References


Adriman, dkk., “Analisis Keberlanjutan Pengelolaan Ekosistem Terumbu Karang Di Kawasan Konservasi Laut Daerah Bintan Timur Kepulauan Riau”, Jurnal Perikanan dan Kelautan, Vol.17, No.1, h. 6-7, (2012), h. 44.

Elita Agustina, dkk., “Karakteristik Spesies Karang di Perairan Rinon Pulo Breueh”, Prosiding Seminar Nasional Biotik 2016, ISBN: 978-602-18962-9-7.

Khairunisa N. Aulia, dkk., “Kondisi Perairan Terumbu Karang dengan Foraminifera Bentik sebagai Bioindikator Berdasarkan Foram Index di Kepulauan Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah”, Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis, Vol. 4, No. 2, (2012), h. 336.

Nybakken., Biologi Laut, (Jakarta: Gramedia, 1988), h.45.

Suharsono, Jenis-jenis Karang di Indonesia, (Jakarta: LIPI, 2008), h. 13




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v6i1.4233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0