KEANEKARAGAMAN JENIS SERANGGA NOKTURNAL DI KAWASAN DEUDAP PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

Rosi Novi Aji, Rulin Sumarda, Teungku Atsil Arita

Abstract


Upaya Serangga mempunyai peranan penting bagi ekosistem dan keberadaan manusia di bumi, seperrti penyuburan tanah, siklus nutrisi, propogasi tanaman, polinasi dan penyebaran tanaman, serta menjaga struktur keseimbangan rantai makanan. Penelitian keanekaragaman jenis serangga nokturnal di Kawasan Deudap ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis serangga nokturnal yang ada di Kawasan Deudap Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar pada bulan April 2017.Penelitian ini menggunakan metode survey eksploratif dengan cara pengamatan langsung terhadap serangga-serangga yang ada di lapangan menggunakan jebakan cahaya (light trap) di 5 (lima) stasiun.Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif untuk mengetahui keanekaragaman jenis serangga nokturnaldi Kawasan Deudap. Indeks keanekaragaman serangga nokturnal di Kawasan Deudap Kecamatan Pulau Aceh Kabupaten Aceh Besar tergolong tinggi yaitu 5,455094.

Full Text:

PDF

References


Andi Ilham. 2015. Keanekaragaman Jenis SeranggA Nocturnal Pada Perkebunan Kelapa Sawit Kecamatan Besulutu Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara Kendari: Universitas Halu Oleo.

Dakir. 2009. “Keanekaragaman dan Komposisi Spesies Semut (Hymenoptera :Formicidae) di Kabupaten Kolaka Sulawesi tenggara dan Muara Angke Jakarta” Bogor: ITB.

Lupita Oktaviona , Agus Dharmawan , dan Sofia Ery Rahayu, 2016, “Preferensi Serangga Nokturnal Terhadap Warna Lampu Light Trap Di Kebun Jeruk Siem“ Malang: Universitas Negeri Malang.

Tarumingkeng, 2001, Serangga Pada Hutan Mangrove, Jakarta: Gramedia pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v6i1.4268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0