ISOLASI SENYAWA BIOINSEKTISIDA PADA EKSTRAK ETANOL TUMBUHAN BUASBUAS (Premna pubescens Blume) DENGAN METODE GCMS

Diky Setya Diningrat, Sonya Adelina Sipayung, Martina Restuati, Erly Marwani, Ayu Nirmala Sari, Kusdianti Kusdianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pada bagian tumbuhan buasbuas (Premna pubescens Blume) manakah senyawa insektisida terakumulasi dan membandingkan jenis senyawa insektisida yang terdapat di daun muda, daun tua, tangkai daun, dan buah dengan teknik Gas Chromatography – Mass Spectrometry (GC-MS). Ekstrak buasbuas dibuat menggunakan metode maserasi dengan pelarut etanol 96% dan di angin-anginkan hingga menjadi pasta. Pasta yang didapatkan kemudian dianalisis dengan GC-MS. Data yang diperoleh dari hasil GC-MS yang diidentifikasi dengan software PubChem (https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov). Hasil penelitian menunjukkan adanya senyawa 7-methyl-1-benzofuran yang merupakan insektisida terakumulasi pada daun muda sebanyak 0,011% dari total 87 senyawa bioaktif. Pada bagian tumbuhan buasbuas lainya tidak ditemukan senyawa insektisida. Pada daun muda dan daun tua ditemukan herbisida yaitu kelompok senyawa yang sama dengan insektisida tergolong kedalam senyawa “cydal”. Kesimpulan penelitian ini adalah senyawa insektisida terdapat pada tanaman buasbuas, meskipun hanya satu jenis senyawa insektisida yang ditemukan dari keseluruhan senyawa bioaktif tanaman buasbuas yang diidentifikasi.


Full Text:

PDF

References


Diningrat, D. S., and E. Marwani (2018). De novo transcriptome profiling of buasbuas (Premna pubescens. Blume). Biotechnology, 17: 75-85.

Leeratiwong, C., Chantaranothai, P., dan Paton, A., (2016), Taxonomic Notes On The Genus Premna L. (Lamiaceae) In Thailand. Thai Forest Bulletin (Botany), 44(2): 122-124.

Mutiah, R., Sukardiman, S., Widyawaruyanti, A., & Zulaikah, S. (2018). Comparison of Ethanol Extract from Roots, Leaves, and Flowers of Calotropis gigantea as Anticancer on T47D Breast Cancer Cell Lines. Alchemy, 5(1), 1-4.

Nurmayani. (2017). Inventarisasi Senyawa Bioaktif pada Tanaman Buasbuas (Premna pubescens Blume) dengan Pendekatan Kromatografi Gas., Skripsi, FMIPA, UNIMED, Medan.

Panagan, A. M. T., H. Yohandini dan M. Wulandari. 2012. Analisis kualitatif dan kuantitatif Asam Lemak Tak Jenuh Omega-3, Omega-6 dan Karakterisasi Minyak Ikan Patin (Pangasius pangasius). Jurnal Penelitian Sains, Vol. 15 No. 3 (C).

Roessner, U., Wagner, C., Kopka J Trethwey R.N and Wilmitzer, L., (2000), Simultaneous Analysis Of Metabolites In Potato Tuber By Gas Chromathography-Mass Spectrometry, the plant journal 23: 131-142.

Restuati, M., & Diningrat, D. S. (2018). Antimicrobial Profile of Premna pubescens. Blume and Centella asiatica Extracts Against Bacteria and Fungi Pathogens. International Journal of Pharmacology, 14(2), 271-275.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v6i1.4312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0