Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Perkalian Bilangan Cacah

Sakdiah Sakdiah

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa hasil tes akhir pada tindakan siklus I baru mencapai 65% maka tindakan ini belum berhasil karena kriteria suatu tindakan dikatakan berhasil bila telah mencapai 80% siswa mendapat skor ≤65. Hasil observasi pada kegiatan guru mencapai 80%, dan observasi pada kegiatan siswa mencapai 80%. Sedangkan hasil tes akhir tindakan siklus 2 siswa yang memperoleh skor ≤65 mencapai 80%, maka tindakan ini sudah berhasil. Hasil observasi pada kegiatan guru mencapai 83,85%, dan observasi pada kegiatan siswa mencapai 84,65%. Oleh karena itu, pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, walaupun pada tindakan siklus 1 tidak berhasil namun pada tindakan siklus 2 berhasil baik dilihat dari segi proses dan hasil.

Keywords


Meningkatkan Prestasi Belajar; Perkalian Bilangan Cacah; pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara 2010.

Hasnun M Sidik. Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas IV. Jakarta: Erlangga, 2006.

Huda, Nurul. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan, 2010.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2008.

Trianto. Mendesain Model Pembelajan Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana, 2009.

Wiriaatmadja, Rochiati. Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v5i1.170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Ilmiah Pionir



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter