Penerapan Pendekatan Pakem Dalam Pembelajaran IPA di Min Rukoh

Syahidan Nurdin

Abstract


Dalam proses belajar mengajar tidak terlepas dari cara dan metode yang sesuai untuk kegiatan belajar mengajar sehingga tercapai tujuan pembelalajaran, khusunya pada pembelajaran IPA . Adapaun tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, (2) untuk mengetahui respon siswa dengan penerapan pendekatan PAKEM dalam pembelajaran IPA . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), pembelajaran ini yang terdiri dari 2 siklus, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA MIN Rukoh yang berjumlah 42 orang. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, tes, dan angket. Data yang diperoleh tentang aktivitas guru dan siswa, respon siswa dianalisis dan didesksripsikan dengan rumus persentase. Hasil yang diperolehdari penelitian ini adalah (1) Aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar IPA sudah mencerminkan pembelajaran dengan pendekatan PAKEM dan meningkatkan hasil belajar siswa, Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PAKEM pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yaitu dengan persentase rata-rata 77,77 % pada siklus I dan 96,29 % pada siklus II, Aktifitas siswa dalam mengikuti pembelajaran juga mengalami peningkatan yaitu dengan persentase rata-rata 84,84 % pada siklus I dan 96,96 % pada siklus II (2) Respon siswa terhadap kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan pendekatan PAKEM pada umumnya menyatakan senang dan merasa tertarik untuk mengikuti pembelajaran berikutnya.

Keywords


Strategi Pembelajaran; Pendekatan Pembelajaran PAKEM; IPA

Full Text:

PDF

References


Admin Ahmad, “Pengelolaan Pembelajaran”, Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran (Online), http//Admin Ahmad. Wordpress. Com, diakses 11 Agustus 2011.

Ahmad Sudrajat, “Konsep PAKEM”, Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran (online), http//Ahmadsudrajat. Wordpress. Com, diakses 16 Agustus 2011 Arends, Richard L. (2008). Learning to teach. Book 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Bambang Presetyo. Metedologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo, 2005.

Cain dan Evan. (1990). Sciencing An Involvement Approach to Elementary Science Methods. Edisi ke III. Korinna: Merrill

Darmiwati. Implementasi Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Banda Aceh: FKIP Unsyiah, 2006.

Direktorat Pendidikan pada Madrasah. Standar Isi Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta:Departemen Agama RI, 2006.

Garton, Janetta., 2005. Inquiry-Based Learning. Willard R-II School District, Technology Integration Academy.

Gega C, Peter. (1970). Science in Elementary Education. USA: Wiley International Education

Mbah Brata, “Apa itu PAKEM”?, Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran (online), http//Mbahbrata_edu. Blogspot. Com, diakses 16 agustus 2011

Nurhaidah dkk. Model dan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Menyenangkan, Bidang Sekolah Dasar. Data Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Banda Aceh: 2007.

Sri Melda Mentali, “Pengertian PAKEM”, Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran (online), http//Sri Melda Mentali. Wordpress. Com, diakses 16 Agustus 2011.

Suyanto dan Evendi. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SLTP, Tesis Diajukan Pada Program Pasca Sarjana. Surabaya: IKIP, 2000.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Ilmiah Pionir



Indexed By:

 ​​ ​