Meningkatkan Prestasi Belajar Mufradat Melalui Strategi Index Card Match Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab

Irwandi Irwandi

Abstract


Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Madrasah Ibtidaiyah. Salah satu faktor yang mempengaruhi berhasil tidaknya suatu pembelajaran adalah guru. Oleh karena itu, guru harus pandai memilih strategi yang tepat dan sesuai agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai dengan maksimal. Salah satu alternatif yang digunakan adalah dengan menerapkan strategi Index Card Match dalam pembelajaran mufradat. Oleh sebab itu, penulis ingin mengkaji lebih jauh tentang "Meningkatkan Prestasi Belajar V Mufradat Melalui Strategi Index Card Match Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab.

Keywords


Prestasi belajar; mufradat; index card match

Full Text:

PDF

References


Abdul Wahab Rosyidi, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN-Malang Press, 2009.

Afenda Ratna, Implementasi Index Card Match dan Team Quiz Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Kelas V MI Darut Taqwa, Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim, Skripsi, 2009.

Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Baharuddin, dkk, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.

Binti Faridatul Muashomah, Penerapan Strategi Reading Guide dan Index Card Match Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tentang Akhlak Terpuji Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Cengkok Ngronggot Nganjuk, Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim, Skripsi, 2009.

DEPDIKBUD, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi II, Jakarta: Balai Pustaka, 1991.

Elizabeth B. Hurlock, Perkembangan Anak, Jilid I, Jakarta: Erlangga, 1999.

Handayani, (Online), diakses melalui situs: http://juntakmarganagmailcom.blogspot.com/2010/09/penerapan-strategi-belajar-aktif-tipe.html, 17 Maret 2012.

New Elgharybah, Mufradat, (Online), diakses melalui situs: http://elgharybah.blogspot.com/2011/05/mufradat.html, 26 Maret 2012.

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Karya, 2007.

Nurmasyithah, Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Dasar Negeri 19 Banda Aceh, Banda Aceh: IAIN Ar-Raniry, Skripsi, 2011.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2008.

Roestiyah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Bina Aksara, 1989.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 1988.

Suharno, Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab, (Online), diakses melalui situs: http://nanoazza.wordpress.com/2008/07/03/pembelajaran-kosakata-bahasa-arab/, 26 Maret 2012.

Suryosubroto, B., Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Trianto, Mendesain Model Pembeljaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Prenada Gramedia Group, 2011.

Ulumuddin, Metode Pembelajaran Mufradat, (Online), diakses melalui situs: http://ulumuddin-sangpencinta.blogspot.com/2011/04/metode-pembelajaran-mufradat.html, 30 April 2011.

Undang-Undang SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003.

Zaki Al-Din 'Abd Al-Azhim Al-Mundziri, Ringkasan Shahih Al- Bukhari, Malaysia: Crescent News (KL) SDN BHD, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v4i2.178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Ilmiah Pionir



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter