Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Konsep Tumbuhan Hijau Di Kelas V MIN Tungkob Aceh Besar

Fakhrul Rijal

Abstract


Dalam proses pembelajaran, kemampuan dalam memahami suatu konsep pembelajaran diantaranya dipengeruhi oleh metode dan pendekatan pembelajaran yang sesuai untuk materi yang akan diajarkan sehingga memudahkan siswa dalam memahami konsep yang disampaikan oleh guru. Pendekatan contextual teaching and learning adalah konsep yang membantu guru mengaitkan antara materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata, dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan contextual teaching and learning pada konsep tumbuhan hijau, (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan contextual teaching and learning pada konsep tumbuhan hijau, dan (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran menggunakan pendekatan contextual teaching and learning pada konsep tumbuhan hijau. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan: (1) lembar observasi aktivitas guru dan siswa dan (2) tes. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) aktivitas guru meningkat dari 64,24% pada siklus I menjadi 73,07% pada siklus II dan siklus III meningkat menjadi 90,7%, aktivitas siswa meningkat dari 7,31% pada siklus I menjadi 79,83% pada siklus II dan siklus III meningkat menjadi 86,49%, (2) hasil tes pada ulangan per siklus juga menunjukkan adanya peningkatan dengan 17.5% siswa yang tuntas pada siklus I pertama menjadi 65% pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan contextual teaching and learning siswa lebih aktif dan kreatif dalam memahami konsep belajar, karena siswa mengkontruksi sendiri pengetahuan dan keterampilannya, serta membangun pengetahuan baru lewat fakta-fakta atau proposisi yang mereka alami dalam kehidupannya.

Keywords


Contextual teaching and learning; Penelitian tindakan kelas (PTK); Tumbuhan hijau

Full Text:

PDF

References


Moh, Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005)

Agus Sugianto, dkk, Pembelajaran IPA MI, edisi pertama, (Surabaya: LAPIS- PGMI, 2009)

Nurhadi, dkk, Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, (Malang: Universitas Negeri Malang, 2003)

Suyanto, Kasihani E, Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran (Online). Tersedia dalam http://www.skripsi (pdf).com, diakses 22 April 2011.

Nafsul Mutmainah, Model Pembelajaran CTL dalam Proses Belajar Mengajar (Online). Tersedia dalam http://www.skripsi (pdf).com, diakses 5 Mei 2011.

M. Muslich, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, (Jakarta: Bumi Aksara, 2005)

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005)

Rahmah Johar dkk, Strategi Belajar Mengajar, (Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala, 2006)

Wikandari, Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Kontruktivisme Dalam Pengajaran. (Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2006)

Anonymous, Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Biologi SLTP, (Banyumas: Dinas Pendidikan, 2003)

Sugandi, Teori Pembelajaran. (Semarang: UPT UNNES Press, 2004)

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2007)

Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008)

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ketiga, (Jakarta: balai pustaka, 2003)

Mulyasa, “Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, Implementasi”. (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Ilmiah Pionir



Indexed By:

 ​​ ​