EFEKTIVITAS METODE DEBAT PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN TERHADAP PENINGKATKAN MOTIVASI SISWA KELAS IV A MIN 3 KOTA BANDA ACEH

Ramli Ramli

Abstract


Tujuan penenlitian ini untuk melihat efektivitas metode debat pada tema indahnya kebersamaan terhadap peningkatkan motivasi siswa kelas IV A MIN 3 Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian verifikatif (kausalitas) yaitu suatu penelitian yang menjelaskan hubungan sebab-akibat dari dua variabel atau lebih dalam suatu penelitian atau penelitian yang bertujuan menguji kebenaran hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 35 orang siswa dan siswi kelas IV A. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment “efektivitas metode debat pada tema indahnya kebersamaan terhadap peningkatkan motivasi siswa kelas IV A MIN 3 Kota Banda Aceh” dikatakan signifikan dengan nilai 0,718. Maka nilai 0,718 menunjukkan bahwa memiliki efektivitas yang positif dan tingkat hubungan yang sangat kuat dengan dilihat dari interval koefisien korelasi antara 3,80 – 1,000. Berdasarkan hasil perhitungan regresi linier sederhana yaitu Y = 10.121+ 0,931X dan R Square sebesar 0,718 berarti bahwa efektivitas metode debat pada tema indahnya kebersamaan terhadap peningkatkan motivasi siswa kelas IV A MIN 3 Kota Banda Aceh sebesar 93,10%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ho) “Terdapat efektivitas metode debat pada tema indahnya kebersamaan terhadap peningkatkan motivasi siswa kelas IV A MIN 3 Kota Banda Aceh”. Sehingga hasil uji hipotesi dapat teruji kebenarannya dalam penelitian ini.

Keywords


Metode Debat, Peninkatan Motivasi Siswa

Full Text:

XML

References


Darajat, Zakiah. dkk, Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Kuncoro, Muradjat, Metode Kuantitatif: Teori dan Apikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: STIM YKPN, 2001.

Melvin, Siberman, L. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nusa Media, 2006.

Mudzakir, Studi Ilmu-Ilmu Qur’an, (Bogor: Litera Antar Nusa, 2004), hlm.431.

Nurdin, Syarifuddin. Basyiruddin Usman, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Sugiyono, Metode Peneltitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Uno, Hamzah B. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PIONIR: Jurnal Pendidikan



Indexed By:

 ​​ ​