MODEL PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS TERINTEGRASI PADA PEMBELAJARAN SAINS DI PENDIDIKAN DASAR (Studi Deskriptif di Beberapa Sekolah Dasar di Kecamatan Pegaseng Aceh Tengah)

Daniah Daniah

Abstract


Kekhawatiran terhadap fenomena sosial yang muncul akhir-akhir ini sudah sangat meresahkan, fenomena kekerasan dalam menyelesaikan masalah, meningkatnya perilaku merusak diri, seperti narkoba, alkohol dan seks bebas, menurunnya perilaku sopan santun, menurunnya perilaku kejujuran, menurunnya rasa kebersamaan, dan menurunnya rasa gotong royong di antara anggota masyarakat. Jauh sebelum munculnya istilah pendidikan karakter, sesungguhnya pendidikan agama Islam sudah merupakan suatu model pendidikan yang berorientasi pada pembentukan karakter karena pendidikan agama Islam pada dasarnya merupakan upaya penanaman atau internalisasi nilai-nilai Islam yang berdasar pada ajaran Islam (Al-Qur’an dan Al-Sunnah) melalui pendidikan dan pembelajaran. Kondisi pembelajaran Sains masih belum mencapai yang diharapkan oleh tujuan Pendidikan Nasional. Sebagian besar guru hanya mengajarkan aspek hard skill saja. Belum ditemukan model khusus dari guru Sains di beberapa SD di Kecamatan Pegaseng Aceh Tengah dalam pembinaan karakter religius siswa. Pembinaan karakter religius siswa masih dilaksanakan secara terpisah sehingga terkesan guru seperti belum mampu mengintegrasikannya ke dalam mata pelajaran terutama sekali mata pelajaran Sains.

Keywords


Pendidikan Karakter, Karakter Religius, Pembelajaran Sains

Full Text:

PDF

References


Juono, P. R, Konsep Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Pendidikan Karakter, ([Online]. Tersedia: http://juonorp.blogspot.co.id/2014/10/konsep-integrasi-nilai-nilai-islam.html., 2014).

Lickona, Thomas, Educating for Character, Terj. Juma Abdu Wamaungo, Jakarta: Bumi Aksara, (2013).

Syam, F, Renungan BJ. Habibie Membangun Peradaban Indonesia, (Jakarta: Gema Insani, 2009)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PIONIR: Jurnal Pendidikan



Indexed By:

 â€‹â€‹ â€‹