UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V MIN RUKOH BANDA ACEH

Rafidhah Hanum

Abstract


Telah dilakukan penelitian “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V MIN Rukoh Banda Acehâ€. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Rukoh Banda Aceh yang terletak di Rukoh. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa pada penggunaan media audio visual dalam pembelajaran bahasa indonesia. 2. Untuk mengetahui penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa pada kelas V3 dengan jumlah sebanyak 27 orang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu rancangan, pelaksanaan penelitian, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari pertemuan pertama 2,8 (baik) dan pada pertemuan kedua menjadi 3,8 (Sangat Baik), aktivitas siswa dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan dari pertemuan pertama 2,7 (Baik) dan pada pertemuan kedua menjadi 3,8 (Sangat Baik). Peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media audio visual sebanyak 88.88% sudah mencapai Kriteia Ketuntasan Minimal yang telah ditentukan yaitu 70%. Dari hasil pengolahan data maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di MIN Rukoh Banda Aceh.

Keywords


Kemampuan Berbicara, Audio Visual, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Anas Sudjono, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo, 2008)

Azhar Arsyad, Media Pebelajaran, (Jakarta: Grafindo Persada, 2005)

BSNP, Badan Standar Nasional Pendidikan ( Jakarta : BSNP, 2006)

Darimi, Ismail. "Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah." JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 2.1 (2016): 30-43.

Darimi, Ismail. "Information And Communication Technologies Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif Era Teknologi Informasi." Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 1.2 (2017): 111-121.

Darimi, Ismail. "Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran." Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 5.2 (2015): 309-324.

Daryanto, Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Reneka Cipta, 2001)

Departemen Pendidikan Nasional, Panduan Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan ( KTSP) SD/MI. (Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional, 2006)

Iskandarwassid, dkk, Strategi Pembelajaran Bahasa ( Remaja Rosdakarya 2008)

Ismail, Bachtiar, and Ismail Darimi. "Peningkatan Penguasaan Materi Hadits melalui Metode Resitasi pada Mahasiswa PAI FTK UIN Ar-Raniry." Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 6.2 (2017): 219-232.

Minto Rahayu, Bahasa Indonesia di perguruan tinggi, (Jakarta: Grasindo, 2007)

Oemar Hamalik, Kurikulum dan pembelajaran ( jakarta: Bumi Aksara 1999)

Sugiono, Metodologi Penelitian Kuantitatif dan R&D (Bandung: V Alfabeta, 2006)

Sumadi Subrata, Metode Penelitian (Jakarta: Raja Grafindo Nursada, 1995)

Suyadi, Panduan Penelitian Tindakan Kelas, (Jogjakarta: DIVA Press, 2010)

Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran (Jakarta: Kencana Prenada Media Group 2008)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PIONIR: Jurnal Pendidikan


Indexed By:

     


Membership:

            



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License