INOVASI KURIKULUM DI DAYAH SALAFIYAH DI ACEH (STUDI KASUS DAYAH MUDI MESRA SAMALANGA BIREUEN)

Azhar Azhar

Abstract


Daya pendorong proses belajar bahasa Inggris di asrama putra Dayah MUDI Mesra Samalanga ialah adanya sarana, prasarana, bi’ah lughowiyyah atau suasana akan cukup memadai untuk memajukan santri untuk mampu berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris. Sedangkan, faktor penghambat utama dalam proses belajar bahasa Inggris di asrama Putra Dayah MUDI Mesra Samalanga ialah sikap santri yang menganggap biasa hukumanhukuman yang diberikan. Ada kekhawatiran dari pihak pengasuh asrama dan pengajar jika hukuman itu bersifat hukuman fisik seperti dipukul akan menjadikan santri merasa dendam kepada pengajar atau senior yang memberi hukuman. Adanya hukuman untuk membentuk kedisiplinan seperti yang sekarang yang berjalan selama ini tidak memberikan efek jera kepada santri. Mereka menganggap biasa hukumanhukuman tersebut. Padahal dari pihak orangtua sudah menyerahkan kepada pengasuh dan pengajar untuk melatih dan mendidik santri terserah bagaimana cara pendidikannya.

Keywords


Inovasi Kurikulum, Dayah Salafiyah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Chaplin,

JP. 1958. Dictionary of Psychology. New York: Dell Publishing Depdiknas. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Dick, W. & L Cary. 1990. The Systematic Design of Instruction, Third Edition, New York: Harper Collins Huda,

Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fatah, Abdul. 2011. Strategi Pondok Pesantren Attaqwa Putra Bekasi dalam Menerapkan Komunikasi Berbahasa Arab dan Inggris pada Santri. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

Joyce, Bruce. Weil, Marshal. 1996. Models of Teaching. Boston: Allyn and Bacon.

Kemp, Jerrold E. 1977. Instructional Design: Plan for Unit and Course Development. New York: Holt, Rinehart & Winston.

Kurniawati, Erna Dwi. 2005. Metode Pengajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris (Studi di Pesantren Putri Al Mawaddah Coper Jetis Ponorogo). Malang: UMM

Madjid, Nurcholish, 1997. Masyarakat Religius. Jakarta: Paramadina

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Rais, Amien. 1987. Cakrawala Islam Antara Cita dan Fakta. Bandung: Mizan. Reber, Arthur S. 1995. The Penguin Dictionary of Psychology. California: University of California

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press

Subyakto, Sri Utari. 1992. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta; PT Gramedia Pustaka Utama

Soedjoko, Prasodjo. 1982. Profil Pesantren, Jakarta. Penerbit LP3ES

Stephen, Isaac and Michael William. 1982. Handbook in Research and Evaluation. San Diego: Edits Publishers

Sugiyono. 2006. Teknik Penelitian. Yogyakarta: Pines

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Wittig, Arno F. 1981. Psychology of Learning. New York: McGraw-Hill Book Company

Zamakhsyari, Dhofier. 1983. Tradisi Pesantren. Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES

Zamakhsyari, Dhofier. 1984 Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v6i1.3345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PIONIR: Jurnal Pendidikan



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter