TAHAP PENGETAHUAN DAN PELAKSANAAN PAKEM GURU BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DI ACEH

Salma Hayati

Abstract


Studi ini menguji tingkat pengetahuan dan penerapan PAKEM di antara guru bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah di Provinsi Aceh. Studi ini menerapkan desain penelitian survei yang melibatkan 208 guru bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah dari tiga kota di Provinsi Aceh. Instrumen tes dan kuesioner diberikan kepada responden, dan statistik deskriptif dipekerjakan menganalisis data. Temuan menunjukkan bahwa guru bahasa Arab memiliki tingkat pengetahuan PAKEM yang baik dan tingkat implementasi PAKEM yang tinggi

Keywords


PAKEM, Pengetahuan, Pelaksanaan, Madrasah Ibtidaiyah, Pengajaran dan Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ab. Halim Tamuri, Isu-isu dalam amalan pengajaran guru-guru pendidikan Islam di sekolah rendah dan menengah. Prosiding Wacana Pendidikan Islam Peringkat Kebangsaan Siri ke-4. Fakulti Pendidikan: Universiti Kebangsaan Malaysia, 2005.

Abdul Majid. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Asmady Idris dan Balakrishnan Parasuraman, Peranan seorang tenaga akademik dan kaedah pengajaran-pembelajaran di institusi pengajian tinggi. Prosiding Strategising Teaching and in the 21 st Century. Vol.3, 2000.

Carlsen, W. S. Domains of teacher knowledge. Dlm Gess-Newsome, J. & Lederman, N. G. (Peny.). Examining Pedagogical Content Knowledge. Netherlands: Kluwer Academic Publishers, 1999.

Departemen Pendidikan Nasional, Standar Pengembangan Kelompok Kerja Guru (KKG) dam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Jakarta: Direktorat Profesi Guru, 2008.

Hamdi bin Ishak, Ab. Halim Tamuri, Rosadah binti Abdul Majid, Amalan pengajaran guru dalam pengajaran dan pembelajaran pendidikan Islam di Sekolah Kebangsaan Pendidikan Khas (Masalah pendengaran). Journal of Islamic and Arabic Education 4(2), 2012.

Hesy Herlianika, Pelaksanaan KTSP pada pengembangan pembelajaran TIK di SMP Negeri Se-Kabupaten Pamekasan. Skripsi. Universitas Negeri Malang, 2011.

Ibrahim Bafadal. 2006. Pentingnya peningkatan kemampuan profesional guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inovatif, Vol. 1 (2).

Joyce dan Weil, Models of Teaching, second edition, Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, 1980.

Maaruf, Z, Implementasi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) untuk Pendidikan Sains, Jurnal Geliga 3, 2009, 2.

Lisa Agustina, Hubungan antara pengetahuan pelaksanaan kurikulum KTSP dengan kesediaan dan tekanan kerja pada guru mata pelajaran ekonomi. Tesis Sarjana Universiti Kebangsaan Malaysia, 2011.

Moh. Ainin, Pembelajaran bahasa Arab berbasis kompetensi dan kontekstual. Bahasa dan Seni 35(1), 2017.

Nanang Priatna. Apa Mengapa PAKEM. http://file.upi.edu/ Direktori/FPMIPA/ Apa_Mengapa_PAKEM.pdf.

Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme. Jakarta: Raja Grafindo, 2010.

Sarimah Ismail, Mohaimin Tabrani dan Rohana Hamzah. Kekangan aplikasi pengajaran koperatif di sekolah rendah. http://www.medc.com.my, 2011.

Sukardi Ilhamuddin, H.M.S. Hubungan kompetensi pedagogik dengan efektifitas hasil pembelajaran. Equilibrium Vol. 4 No. 8, 2008.

Tukumin dan Salamah, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model PAKEM dengan Menggunakan Alat Peraga Murah (APM) pada Siswa Kelas VI SDN Kedungpucang Bener Purworejo Tahun Pelajaran 2008/2009, Jurnal Sosialita, 2011.

Umi Nadiha Mohd Nor, Zamri Mahamod dan Jamaludin Badusah. Penerapan kemahiran generik dalam pengajaran guru bahasa Melayu sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu. Vol. 1, bil. 2, 2011.

Zulfahmi, Indikator Pembelajaran Aktif dalam Konteks Pengimplementasian Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM), Jurnal Al-Ta’lim, Jilid I, Nomor 4, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v6i1.3364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PIONIR: Jurnal Pendidikan



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter