SISTEM PENGELOLAAN KINERJA KEUANGAN DAN ADMINISTRASI DI KANTOR PEMERINTAHAN

Jafar Abdurrahman

Abstract


Lembaga perkantoran maupun organisasi membutuhkan sebuah kinerja yang mampu mengelola dalam bidang kerjanya. Salah satunya adalah dalam bidang administrasi dan keuangan. karena setiap lembaga perkantoran membutuhkan para kinerja yang mampu memanage segala hal yang berhubungan dengan perkantoran maupun organisasi tersebut. Penelitian analisis ini adalah tentang sistem pengelolaan kinerja administrasi dan keuangan di perkantoran pemerintahan. Tujuan dalam penelitian ini adalah; (a) untuk mengetahui sistem pengelolaan kinerja keuangan dalam sebuah di kantor pemerintahan, (b) untuk mengetahui sistem pengelolaan kinerja administrasi di kantor pemerintahan, dan (c) untuk mengetahui hubungan antara keuangan dan administrasi dalam sebuah kantor pemerintahan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis secara deskriptif kualitatif dengan melakukan tiga proses yaitu; observasi, wawancara dan dokumentasi.  Sebagaimana diketahui bahwa dalam sistem kinerja pengelolaan administrasi sangat diperlukan karena untuk melihat perkembangan yang ada dalam perkantoran pemerintahan yang dikelolanya. Karena  kinerja yang dibutuhkan adalah kecermatan, ketegasan dan ketertiban dalam mengatur segala bidang yang berkaitan dengan pencatatan dan penyusunan  yang berkaitan dengan catatan pada perkantoran tersebut. Sedangkan pengelolaan sistem keuangan diperlukan sebuah para kinerja yang berkualitas dalam bidang mengatur keuangan yang ada dalam perkantoran tersebut. Karena setiap hal yang berhubungan maupun berkaitan dengan keuangan memerlukan kinerja yang memiliki ketelitian dan kecermatan. Sehingga keuangan dalam perkantoran dapat diatur dengan baik.  Hubungan antara administrasi dan keuangan sangat berkaitan karena segala pengeluaran dan pemasukan keuangan memerlukan administrasi yang rinci. Karena dengan adanya administrasi sistem pengeluaran dan pemasukan keuangan akan tercatat dengan benar. Sehingga tidak terjadinya kesalahan dalam sistem perhitungan keuangan tersebut.


Keywords


Pengelolaan Kinerja Keuangan, Administrasi Kantor

Full Text:

PDF

References


Ainu Rofiq Djaelani. (2013). Teknik Pengumpulan Data dalam Perspektif Kualitatif. Jurnal FPTK IKIP Veteran Semarang, 20 (1): 82-92

Basrowi Bungin. (2011). Metode Penelitian Sosial & Ekonomi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Dadang Prasetyo Jatmiko. (2017). Pengantar Manajemen Keuangan, (Yoyakarta:Diandra Kreatif.

Etik Rusmayanti dkk. (2011). Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan pada Desa Ngadirejan, Indonesia Jurnal On Computer Science. ISSN:1979-9330

Fenti Hikmawati. (2017). Metodelogi Penelitian. Depok:Rajawali Pers.

Hasyim Hasanah. (2016). Teknik-teknik Observasi, Jurnal at-Taqaddum. 8(1)

Hendi Haryadi. (2009). Administrasi Perkantoran untuk Manajemen dan Staf. Jakarta: Visimedia

Joko Subagyo. (2004). Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta,

Margono. (2000). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Marsel Pongah. (2013). Analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan PT Bumi Resources TBK, Jurnal EMBA, 1(3): 669-679.

Priyani. (2010). Aplikasi Administrasi Pembukuan pada Perusahaan. Tugas Akhir, Program Diploma III Teknik Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Risnawaty Nainu dkk, Evaluasi Kinerja Keuangan Pemerintah dalam “Program Dukungan Manajemen dan Tugas Teknis Lainnya Kementerian Agama” Dengan Menggunakan Metode Value For Money pada Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Jurnal Riset Akutansi Going Concern. 12 (2), h. 1158-1166.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (1993). Manajemen Penelitian, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i2.3865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PIONIR: Jurnal Pendidikan



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter