KRITIK SASTRA FEMINIS DALAM KARYA SASTRA KAHLIL GIBRAN

Suraiya Suraiya

Abstract


Sejarah panjang tentang perempuan dipanggung peradaban telah ditulis dalam berbagai karya. Termasuk karya sastra juga telah banyak melukiskan gambaran kedudukan perempuan, bahkan tentang ketidakadilan perempuan. sehingga perempuan mulai bangkit mempertanyakan dan menggugat dominasi dan ketidakadilan yang terjadi dalam sistem patriakhi, perempuan selama ini telah banyak mengalami subordinasi, represi, dan marjinalisasi dalam berbagai bidang. Kritik sastra feminis merupakan studi sastra yang mengarahkan fokus analisanya pada perempuan yang menginginkan adanya keadilan dalam memandang eksistensi perempuan, serta berusaha memahami ketertindasan terhadap perempuan dan mencari upaya bagaimana mengatasi ketertindasan tersebut. Sastrawan Gibran Khalil Gibran mencoba mengkritisi fenomena ketidakadilan terhadap perempuan khususnya yang tercermin dalam karya-karyanya baik syair maupun prosa. Permasalahan ini terangkum dalam pertanyaan bagaimana konsep kritik sastra feminis dalam sastra Gibran Kahlil Gibran, serta melihat bagaimana ungkapan-ungkapan kritik feminis dalam sastra Kahlil Gibran. Penelitian ini akan dianalisa dengan metode deskriptif untuk dapat menggambarkan dan mendeskripsikan fenomena dan kejadian yang ada. sehingga pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa ketidakadilan gender yang dialami oleh perempuan dan wujud gambaran perempuan Arab yang terekspresikan dalam berbagai ungkapan perempuan bahwa perempuan menginginkan kebebasan dari ketidakadilan yang mengukungnya.

Keywords


kritik, sastra feminis, Kahlil Gibran

Full Text:

PDF

References


Nawal al-Sadawi, The Hidden Face of Eva, Women in the Arab World, terj., London: Zed Press, 1980, h. 91

Nurchalis Sofyan, Sastra Arab Sebuah Pengantar, Banda Aceh, Arraniry Press, 2004, hal. 56

Hisham Syarabi (ed.) al-Aql al-Arabi al-Qadim, al-Mustaqbalat al-Badilah, Beirut: Markaz al-Dirasat al-Wahdah al-Arabiyah, 1986.hal. 38

Hisyam Syarabi, Muqaddimah li al-Dirasah al-Mujtama' al-'Arabi, Jerussalem: Mansyurat Salah al-Din, hal. 14.

G. Hymen, Ensliklopedi Nasional Indonesia, (Jakarta, Delta Pamungkas, 2004), hal. 157.

Ibid. hal. 158

Gibran Khalil Gibran, al-Arwah al-Mutamarridah, Kairo: Dar al-Bustan, hal. 14




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/adabiya.v18i35.1204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Adabiya Adabiya Adabiya  Adabiya Adabiya

Adabiya Adabiya 

 
Tools:

Adabiya Adabiya Adabiya Adabiya Adabiya

All papers published in Jurnal Adabiya are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.