IMPLEMENTASI STANDAR MANAJEMEN ISO 9001:2015 PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT (LAZ) NASIONAL (STUDI NU CARE-LAZISNU)

Slamet Slamet

Abstract


Potensi zakat di Indonesia yang sangat besar ternyata belum sebanding dengan perolehannya. Hal ini salah satunya disebabkan oleh manajemen Lembaga Amil Zakat (LAZ) di Indonesia yang belum secara keseluruhan menjalankan standar manajemen yang diakui oleh dunia internasional, yaitu ISO. Selain itu, tidak bisa dipungkiri bahwa regulasi zakat di Indonesia masih belum sepenuhnya berpihak kepada LAZ. Oleh karena itu melalui implementasi standar manajemen ISO 9001:2015, NU CARE – LAZISNU tengah berupaya menjadi LAZ yang diakui secara internasional agar bisa bersaing secara global. Standarisasi manajemen pun dilakukan mulai dari penghimpunan (fundraising) hingga pendayagunaan atau penyalurannya. Melalui pendekatan POAC, penelitian ini ingin mendeskripsikan tentang implementasi manajemen standar internasional yang dipadukan dengan aturan syari’at Islam.

Keywords


Manajemen; ISO 9001:2015; NU CARE – LAZISNU; Fundraising; Penyaluran

Full Text:

PDF

References


Al Athrasy, Mahmud Ahmad Sa’id. Hikmah di Balik Kemiskinan. Jakarta: Qisthy Press, 2013.

Asrori, Ahmad. “Radikalisme di Indonesia; Antara Historisitas dan Antropisitasâ€. dalam Jurnal Kalam: Studi Agama dan Pemikiran Islam. Vol. 9, No. 2, Desember 2015, h. 235-268.

Asy-Syakiri, Abdul Haq. at-Tanmiyyah al Iqtishadiyyah fi al-Islam, Qatar: Kitab al Ummah, No 17, 1408 H.

Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.

Badruzzaman, Abad. Teologi Kaum Tertindas: Kajian Tematik Ayat-Ayat Mustadh’afīn dengan Pendekatan Keindonesiaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Budiasih, Yanti. “Struktur Organisasi, Desain Kerja, Budaya Organisasi dan Pengaruhnya Terhadap Produktivitas Karyawan; Studi Kasus PT. XX di Jakarta,†dalam Jurnal Liquidity. Vol. 1, No. 2, Juli Desember 2012.

Cahya, Bayu Tri. “Kemiskinan Ditinjau dari Perspektif al Qur’an dan Hadits,†dalam Jurnal Penelitian, Vol. 9, No. 1, Februari 2015.

Doa, H.M.D. Jamal. Pengelolaan Zakat oleh Negara untuk Memerangi Kemiskinan. Jakarta: KORPUS, 2004.

Fayol, Henry. Industri dan Manajemen Umum. Terj. Winardi. London: Sir Issac and Son, 1985.

Gammahendra, Fianda, dkk. “Pengaruh Struktur Organisasi terhadap Efektivitas Organisasi: Studi Pada Persepsi Pegawai Tetap Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediriâ€. dalam Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 7 No. 2 Januari 2014.

George R Terry & Leslie W. Rue. Dasar-dasar Manajemen. Terj: G.A. Ticoalu, Jakarta: Bumi Aksara, , 2010.

_______. Prinsip-prinsip Manajemen. Terj. J. Smith, Jakarta: Bumi Aksara, 1993.

Hasibuan, Malayu S.P. Manajemen Sumber Daya Manusia: Dasar dan Kunci Keberhasilan. Jakarta: Toko Gunung Agung, 1995.

Kahalah, Umar Ridho. Mu’jam al-Mu’allifin. Juz 3, cet. Ke-1, Beirut: Muassasah ar-Risalah, t.t.

Khasanah, Umrotul. Manajemen Zakat Modern. Malang: UIN Maliki Press, , 2010.

Mahmuddin. Manajemen Dakwah Rasulullah: Suatu Telaah Historis Kritis. Jakarta: Restu Ilahi, 2004.

Mintarti, Nana, dkk (Ed). Menggagas Arsitektur Zakat Indonesia: Menuju Sinergi Pemerintah dan Masyarakat Sipil dalam Pengelolaan Zakat Nasional. Cet ke-2, Jakarta: Indonesia Magnificence of Zakat dan PEBS FEUI, 2011.

Panglaykim dan Hazil Tanzil. Manajemen Suatu Pengantar. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1981.

Qardhawi, Yusuf. Teologi Kemiskinan, Doktrin Dasar dan Solusi Islam Atas Problem Kemiskinan. Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2002.

Rahman, Abdul Arifin. Kerangka Pokok-Pokok Management Umum. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 1976.

Risya, Subkhi. Zakat untuk Pengentasan Kemiskinan. Jakarta: PP LAZISNU, 2009.

Robbins, S.P. Perilaku Organisasi; Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Edisi Bahasa Indonesia, Jilid 2, Jakarta: PT. Prehallindo, 1990.

Salam, Dharma Setyawan. Manajemen Pemerintahan Indonesia, Jakarta: Djambata, 2004.

Stoner, et. Al. Manajemen. Edisi Bahasa Indonesia, Jilid 2, Jakarta: PT. Prenhallindo, 1992.

Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2007.

_______. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.

Tanjung, Adrian dan Bambang Subagjo. Panduan Praktis Menyusun Standard Operasional Prosedur (SOP) Instansi Pemerintah. Yogyakarta: Total Media, 2012.

Terry, George. R. Principles of Management. Illionis: Richard D. Irwin, 1977.

Thabarah, Alif. Ruh ad Din al Islami. Cet ke-27, Beirut: Dar al-Ilmi Li al Malayin, 1988.

Tim Penyusun Annual Report, Badan Standarisasi Nasional, Laporan Tahun 2007.

Tim Penyusun. Buku Profile NU CARE-LAZISNU 2012-2015, Jakarta: NU CARE-LAZISNU, t.t.

Tim Penyusun. Standar Mutu ISO 9001:2015: Sistem Manajemen Mutu – Persyaratan. Cognoscenty Consulting Group, tt.

Tim Penyusun. Training The Concept of Quality and Introduction to ISO 9001:2015 Standard. Modul, Dynamic Consultant Jakarta, t.t.

Winarno, Budi. Kebijakan Publik; Teori, Proses, dan Studi Kasus (Edisi dan Revisi Terbaru), Yogyakarta: Caps, 2012.

www.iso.org.

https://www.bps.go.id/brs/view/id/1229 diakses 19 Maret 2017.

Dokumen dan Arsip

Salinan UU No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

Salinan Surat Keputusan PBNU No. 14/A.II/6/2010 tentang Susunan Pengurus LAZISNU Periode 2010-2015.

Salinan Surat Keputusan PBNU No. 15/A.II.04/09/2010 tentang Susunan Pengurus LAZISNU Periode 2015 – 2020.

Arsip Salinan Surat Keputusan PP LAZISNU No. 01 Tahun 2016.

Arsip PP NU CARE – LAZISNU.

Arsip Quality Management Representative NU CARE – LAZISNU.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v1i1.1523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© Published by the Research and Community Service Center (LP2M) in collaboration with Department of Da'wah Management, Da'wah and Communication Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia


INDEXED BY:

 

SPONSORED BY: