PESAN DAKWAH FELIX SIAUW DI MEDIA SOSIAL (PERSPEKTIF MEANING AND MEDIA)

Farhan Farhan

Abstract


Tulisan ini dimaksudkan untuk menganalisis secara kritis tentang dakwah era gadget perspektif meanings dan media: studi pesan dakwah Felix Siauw (1984-2015) di media sosial periode Maret 2015. Dengan menggunakan perspektif teori meanings and media (Branston dan Stafford, 2003: 9-33), penelitian ini mencoba menelaah pesan dakwah yang disampakan da’i melalui media sosial. Da’i diposisikan sebagai sign, pesan dakwah sebagai signifier dan Felix Siauw sebagai signified. Penelitian ini merupakan studi kasus pada media massa online. Sumber data penelitian didapatkan dari dokumentasi online. Pesan dakwah tersebut ditulis pada facebook (visual) periode Maret 2015. Analisis kualitatif deksriptif digunakan untuk menganalisa data yang telah terkumpul. Berdasarkan hasil penelitian, pesan dakwah yang disampaikan Felix Siauw melalui media sosial menunjukkan karakteristik yang unik. Pertama, intisari pesan adalah ketauhidan sebagai implementasi dari amar ma’ruf nahi munkar dengan membidik problematika kekinian. Kedua, objek pesan dielaborasi dengan pangsa pasar masyarakat melek teknologi. Ketiga, pesan didominasi adanya indikasi pemurnian Islam di Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Keywords


Da’i; Pesan Dakwah; Media Sosial; Teori Meaning and Media

Full Text:

PDF

References


A. Sebeok, Thomas. Sign; An Introduction to Semiotics. London: University of Toronto Press, 2001.

Ahmad Siddiq, Asep. “Para Sufi-Falsafi Iluminasi: Refleksi Untuk Dunia Modernâ€. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Sosial, Ekonomi dan Humaniora. Vol 4, No.1, Th, 2014, 121-128. prosiding.lppm.unisba.ac.id/index.php/sosial/article/viewFile/781/pdf. Diakses 05 Juni 2014.

Azra, Azyumardi. Jejak-Jejak Jaringan Muslim Kaum; dari Australia Hingga Timur Tengah. Jakarta: Hikmah Publika, 2007.

Branston, Gill and Roy Stafford. The Media Student’s Book. Third Edition. London and New York: Routledge, 2003.

Barthes, Roland. Mythologies. London: Paladin, 1957.

Bothwell, Mustafa. “A look at Islamic Da’wah websites: Reality and Expectationsâ€, Article in at the 3rd International Conference on Islamic Media “Media and Social Responsibilityâ€. Jakarta: December 3-5, 2013.

Carroll, Evan and John Romano. Your Digital Afterlife: When Facebook, Flickr and Twitter Are Your Estate, What’s Your Legacy?. Berkeley: New Riders, 2011). www.digitalafterlife.com. Di unduh melalui www.libgen.org.

Eriyanto. Analisis Framing; Konstruksi, Ideologi dan Politik Media. Yogyakarta: LKiS, 2002.

Faisal Bakti, Andi. Globalisasi: Dakwah Cerdas Era Globalisasi Antara Tantangan Dan Harapan, https://c3huria.wordpress.com/2015/01/28/ globalisasi-dakwah-cerdas-era-globalisasi-antara-tantangan-dan-harapan/ di unduh pada 17 Maret 2015.

Faisal Bakti, Andi dan Venny Eka Meidasari, “Trendsetter Komunikasi di Era Digital; Tantangan dan Peluang Pendidikan Komunikasi dan Penyiaran Islamâ€, Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel, Vol. 01, No. 01, Juni 2012.

Fuad Abdul Baqi, Muhammad. Al-lu’lu wal Marjan. Semarang: Al-Ridha, 1993.

Fiske, John. Introduction to Communication Studies. London and New York: Routledge, 1990.

Hall, Stuart, ed. Representation: Cultural Representation and Signifaying Practices. London and New Delhi: Sage, 1997.

Jamaluddin Miri. Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani, 2007.

Kaelan. Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdisipliner. Yogyakarta: Paradigma, 2010.

Mowlana, Hamid. Global Communication in Transition the End of Diversity?. Sage Publication, London-New Dew Delhi, 1996.

Morisson. Teori Komunikasi; Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2013.

M. Poloma, Margaret. Sosiologi Kontemporer. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Nashih Ulwan, Abdullah. Tarbiyah al-Aulad fi al-Islam. Kairo: Darussalam, 1985.

Shaumyan, Sebastian. A Semiotic Theory of Language; Advance in Semiotics. Indiana University Press, 1987. www.book-fi.org. Diakses 13 Maret 2015.

Sobur, Alex. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif, dilengkapi contoh proposal dan laporan penelitian. Bandung: Alfabeta, 2008.

Toha, Miftah. Manajemen, Suatu Pendekatan Prilaku. Jakarta: Raja Grafindo, 2004.

W. Litle john, Steven. Theories Of Human Communication. Mexico: Wadsworth Publishing, 1999.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v1i2.2242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© Published by the Research and Community Service Center (LP2M) in collaboration with Department of Da'wah Management, Da'wah and Communication Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia


INDEXED BY:

 

SPONSORED BY: