METODE ANALISIS HADITS DALAM BUKU ANTARA SETIA DAN DURHAKA KARYA AL YASA’ ABUBAKAR

Nuraini Nuraini

Abstract


Terasa janggal, tidak logis atau paling kurang akan dikatakan tidak ilmiah jika didapati ada tulisan – tulisan yang mengangkat hadits – hadits yang dha’i, apalagi yang tidak jelas status kehaditsannya. Hal inilah yang terjadi pertama kali ketika penulis membaca karya Al- yasa Abubakar yang berjudul antara Setia dan Durhaka: Ulasan tentang Hak dan Kewajiban. Rasa penasaran ini menimbulkan keinginan penulis untuk mengkaji lebih dalam lagi buku tersebut. Menurut Al Yasa’ Abubakar, walaupun hadits – hadits tersebut tidak jelas sumber dan kualitasnya. Namun, hadits – hadits tersebut sengaja diangkat untuk menjadi perbandingan terhadap karya – karya atau buku – buku populer yang dalam analisisnya cenderung merendahkan perempuan. Tujuan hadits – hadits tersebut diangkat menurut Al yasa’ Abubakar untuk memberikan analisis – analisis baru yang akan membuka wawasan pembaca sehingga mampu berfikir kritis, logis dan sesuai dengan ajaran Islam terutama al- Qur’an dan Hadits yang maqbul baik sanad maupun matannya.

Keywords


Alyasa', Setia, Durhaka, Hadis

Full Text:

PDF

References


Al Yasa’ Abubakar, Antara setia dan Durhaka : Ulasan tentang Hak dan Kewajiban, Banda Aceh : Badan Pemberdayaan dan Perlindungan Anak, 2008.

Hasjim Abbas, Kritik Matan Hadits, Yogyakarta : Teras, 2004

Moh. Anwar. Ilmu Musthalah Hadits, Surabaya : Al Ikhlas, 1981.

Manna’ al Qattan, Pengantar Studi Ilmu Hadits, Jakarta: Pustaka Al Kausar, 2005.

M. Syuhudi Ismail, Kaedah Kesahehan Sanad Hadits, Jakarta : Bulan Bintang, 1995.

Salahuddin Ibn Ahmad al-Adlabi, Metodologi Kritik Matan Hadits, terj. H. M. Qodirun Nur, Ahmad Musyafiq, Jakarta : Gaya Media Pratama, 2004.

Wawancara dengan Al Yasa Abubakar pada September 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jim.v13i1.2355

Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.