PENERAPAN LOGIC MODEL PADA EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN INOVASI PENDIDIKAN

Abdul Azis

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi efektivitas program pembelajaran inovasi pendidikan pada Fakultas Tarbiyah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah di Lingkungan Institut Agama Islam Darussalam Ciamis. Metode penelitian yang digunakan merupakan studi evaluatif (evaluatif research) dengan logic model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahapan context yang meliputi tujuan dan urgensi pembelajaran inovasi pendidikan diuraikan dengan jelas dalam kurikulum dan kebutuhan akan inovasi menjadi sebuah keniscayaan, sehingga termasuk pada kategori sangat baik. Inputs meliputi Satuan Ajar Perkuliahan dan fasilitas pembelajaran berkategori sangat baik, karena Satuan Ajar Perkuliahan sesuai dengan kurikulum dan silabus, kemudian fasilitas 90 % mendukung pembelajaran. Activities atau proses pembelajaran meliputi jumlah pertemuan sebesar 62,5 % termasuk kategori cukup, kehadiran mahasiswa sebesar 93 % termasuk kategori sangat baik, dan pengelolaan pembelajaran berkategori cukup dengan rerata skor ≥ 62,87. Outputs meliputi nilai ujian akhir semester termasuk pada kategori baik dengan rerata ≥ 78,91 atau setara dengan bobot nilai 3,49. Outcomes (short-term dan long-term) meliputi kesadaran terhadap inovasi sebesar ≥ 82, 68, sehingga aspek evaluasi short term outcomes termasuk pada kategori sangat baik dan penerapan inovasi di sekolah tempat bertugas tahapan evaluasi long-term outcomes termasuk pada kategori cukup karena hanya 61,4 % lulusan yang menerapkan inovasi.

Keywords


evaluasi program; inovasi pendidikan; logic model

Full Text:

PDF

References


Ari Wicaksono dkk. (2015). Teori Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Garudhawaca.

David J. Basarab dan Darrell K. Root. (1992). The Training Evaluation Process: A Practical Approach to Evaluating Corporate Training Programs. New York: Springer Science.

Debra J. Holden dan Marc. A. Zimmerman. (2009). A Practical Guide Program Evaluation Planning. California: SAGE Publications.

Ellen-Taylor Powell, Sara Steele, dan Mohammad Doughlah. (1996). Planning Program Evaluation. Wisconsin: Cooperative Extension.

James O’Loghlin. (2016). Innovation is a State of Mind; Simple Strategies to be more Innovative in What You Do. Melbourne: Wiley.

John Rogard Tabori dan John A. Hermann. (2001). Project Planning and Evaluation Guidebook: A Manual for Practitioners and Managers of Self-Sufficiency Demonstration Projects. Washington DC: Sosiological Practice Association.

Joseph S. Wholey. (2010). Handbook Of Practical Program Evaluation San Fransisco: Jossey-Bass.

Joy A. Frechtling. (2007). Logic Modeling Methods In Program Evaluation San Fransisco: John Wiley.

Joy A. Frechtling. (2010). The 2010 User-Friendly Handbook for Project Evaluation tt: Division of Research and Learning in Formal and Informal Settings National Science Foundation.

Martin O’Malley. (2008). Logic Model: Cigarette Restitution Fund Program Tobacco Prevention and Cessation Program Maryland: Maryland Departement of Helath & Mental Hygiene.

Suharsimi Arikunto. (2007). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Udin Saefudin Sa’ud. (2015). Inovasi pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. http://edukasi.kompas.com.

Wirawan. (2011). Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/aricis.v1i0.936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.