PERANAN MUBALLIGHAH TERHADAP PENDIDIKAN TAUHID DI KABUPATEN BIREUEN

Nurbayani Nurbayani

Abstract


Tulisan ini bertujuan mengkaji peran muballighah dalam memberikan pendidikan tauhid bagi masyarakat Bireuen dan faktor yang mendukung muballighah dalam melaksanakan aktifitas pendidikan di Dayah Al-Hayat Pulo Blang Kabupaten Bireuen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan sampel penelitian sebanyak dua orang yaitu pimpinan dayah Al-Hayat Pulo Blang. Teknik Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan analisis data dilakukan dengan menyajikan data dalam bentuk uraian diskriptif dengan narasi yang sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran muballighah pendidikan bagi masyarakat kabupaten Bireuen adalah 1) Peran muballighah sebagai educator, fasilitator, motivator, Konselor, dan inspirator 2. Faktor Pendukung dakwah yang diajarkan oleh muballighah adalah adanya tuntutan masyarakat dan keinginan muballighah untuk menyampaikan dakwah.

Keywords


muballighah; pendidikan masyarakat

Full Text:

PDF

References


Dadang Hawari. 1997. Al-Qur’an dan Ilmu Kedokteran jiwa Ilmu Kesehatan Jiwa. Yokyakarta: Dana Bakti Primayasa.

Hanna Djumhana Bastaman. 1995. Integrasi Psikologi dengan Islam, Menuju Psikologi Islami, Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibnu Maskawaih, Tahzibul Akhlak. 1995. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lailatussa’adah. 2015. “Peranan Teungku Inoeng sebagai Role Model islami Bagi Masyarakat Kecamatan Delima Pidieâ€, Laporan Penelitian. Banda Aceh: Pusat Penelitian UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Muhaimin. 2002. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurbayani. 2015. “Strategi menumbuhkan jiwa agama dalam Pembelajaranâ€. Jurnal Kompetensi, vol. IX. No. 2, Juli 2015, ISSN 0126-3390.

Uyoh Sadullah. 2010. Pedagogik, Ilmu Mendidik. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/aricis.v1i0.942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.