PENGEMBANGAN BALE BEUT DALAM KEPEMIMPINAN TEUNGKU INONG DI KECAMATAN DELIMA PIDIE

Lailatussaadah Lailatussaadah

Abstract


Salah satu lembaga pendidikan Islam non formal di Aceh adalah Bale Beut. Kebanyakan Bale Beut dipimpin oleh teungku laki-laki, sangat sedikit dipimpin oleh teungku inong (ulama perempuan) karena terdapat anggapan miring masyarakat terhadap kepemimpinan perempuan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya pengembangan Bale Beut dalam kepemimpinan Teungku inong di Kecamatan Delima Kabupaten Pidie. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 1 orang teungku inong yang memimpin Bale Beut dan 2 orang masyarakat Kecamatan Delima Kabupaten Pidie. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan analisis data dilakukan dengan menyajikan data dalam bentuk uraian diskriptif dengan narasi yang sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya teungku inong dalam pengembangan Bale Beut sudah baik. Hal ini terlihat dari upaya teungku inong dalam merumuskan visi, dan misi Bale Beut, mengikuti pendidikan dan pelatihan manajerial, menetapkan standar pencapaian Bale Beut, mempromosikan Bale Beut, melakukan pelaporan, dan terbuka menerima kritikan/saran.

Keywords


pendidikan Islam non-formal; Bale Beut; kepemimpinan; Teungku Inong

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Abdurrahman Saleh. Educational Theory a Quranic Outlook, Terj. Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an. Jakarta: Rineka Cipta. 2007.

Abu Arrad, Saleh Ali, Attarbiyyat al-Islamiyyat: al-Mustalah wa al-Mafhum. http://saaid.net/Doat/arrad/17.htm. [23 March 2007].

Abu Halim Tamuri. Pengajaran dan Pembelajaran yang Berkesan. Buku Panduan Kursus Peningkatan Kurikulum Pendidikan Syariah Islamiah 2006. Putrajaya: Bahagian Kurikulum Pendidikan Islam dan Moral, KPM. 2006.

Al Attas, Syed Muhammad Naquib, The Concept of Education in Islam: A Framework an Islamic Philosophy of Education. Kuala Lumpur: ISTAC. 1980

Al-Maliki, M Alawi, Prinsip-prinsip Pendidikan Rasulullah. Jakarta: Gema Insani Press. 2002.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Sejarah Pendidikan Daerah Istimewa Aceh, Jakarta: Depdikbud, 1984

El-Muhammady, Abdul Halim. “Peranan Guru dalam Pendidikan Islamâ€. Jurnal Pendidikan Islam, 1 (4): 1-8. 1986.

Eka Srimulyani, Dinamika Peran Perempuan Aceh dalam lintasan Sejarah: mengamati dinamika peran perempuan (Aceh) dalam kehidupan Sosial. Banda Aceh; Yayasan Pena. 2007.

----------------, Perempuan Dalam Masyarakat Aceh; Menganalisa Kepemimpinan Perempuan Dalam Pesantren dan Dayah. 2009.

Haidar Putra Daulay, Dinamika Pendidikan Islam di Asia Tenggara. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/aricis.v1i0.943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.