LARANGAN ISIS DI INDONESIA DALAM PEMBINGKAIAN KORAN REPUBLIKA EDISI AGUSTUS 2014

Muhammad Bagus Nursetio

Abstract


Larangan gerakan ISIS di Indonesia merupakan tindakan awal yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam mengantisipasi aksi teror dan pengekrutkan masyarakat Indonesia untuk “berjihad†atau “berperangâ€di Irak dan Suriah. Larangan terhadap gerakan ISIS di Indonesia ini, memuncul beragam reaksi di tengah-tengah masyarakat baik yang pro maupun kontra. surat kabar harian Republika merupakan surat kabar yang berskala nasional, bernafaskan Islam dan mempunyai kebijakan tersendiri dalam mempublikasikan berita-beritanya. Penelitian ini bertujuan mendapatkan pengetahuan seputar bingkai media dalam hal ini bingkai media koran Republika terhadap berita larangan ISIS di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah analisis isi kritis dengan pendekatan kualitatif serta menggunakan metode pengumpulan data berupa dokumentasi. Pasca dilakukan analisis dengan menggunakan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerland Kosciki, maka hasil penelitian ini menunjukan bahwa bingkai media koran Republika terhadap berita larangan ISIS di Indonesia lebih menonjolkan kepada gerakan ISIS sebagai gerakan yang memunculkan cara pandang sepihak terhadap Islam sebagai agama yang mengajarkan kekerasan dan aksi teror bagi umat Islam di seluruh dunia pada umumnya dan khususnya negara Indonesia serta tidak sesuai dengan asas Pancasila sehingga sangatlah tepat untuk dilarang berkembang biak di Indonesia.

Kata Kunci : Bingkai Media, larangan ISIS, Koran Republika

Full Text:

PDF

References


Alex Sobur, Analisis Teks Media: suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana,Analisis Semiotik dan Analisis Framing,(Bandung:PT Remaja Rosda Karya, 2001)

Denny Armandhanu, Beredar di Youtube Video diduga Mujahidin Indonesia di Suriah, Diakses pada 16 Desember 2014 dari viva.co.id, http://m.news.viva.co.id/news/read/513653-beredar-di-youtube--video-diduga-mujahidin-indonesia-di-suriah

Esthi Maharani, Pemerintah Resmi Larang ISIS Masuk Indonesia, Diakses pada 16 Maret 2015 dari republika.co.id,http://www.republika.co.id/berita/nasional/politik/14/08/04/n9s2wi-pemerintah-resmi-larang-isis-masuk-indonesia.

Esti Maharani, RI Resmi Larang ISIS, Diakses pada 5 Agustus 2014 dari Surat Kabar Harian Republika.

Ferry Kisihandi, ISIS Ancaman Bagi NKRI, Diakses pada 6 Agustus 2014 dari Surat Kabar Harian Republika.

Eriyanto, Analisis Framing :Konstruksi, Ideologi, Politik Media, (Yogyakarta:LKIS,2005)

F. Rachmadi, Perbandingan Sistem Pers; Analisis Diskritif Sistem Pers di berbagai Negara,(Jakarta: Gramedia, 1990)

Gamson dan Modigliani, “ Media Discourse and Public Opinion on Nucleur Power: Constructionist Approachâ€,(dalam American Journal of Sociology, Vol. 95 (1), 1989,)

Ikhwanul Kiram Mashuri, ISIS Jihad atau Petualangan, (Jakarta: Republika, 2014)

Mursito BM, Penulisan Jurnalsitik; Konsep Teknik dan Teknik Penulisan Berita, (Surakarta, 1999)

Mulyani, Pendukung ISIS ancam Hancurkan Candi Borobudur, Diakses pada 13 Maret 2014 dari viva.co.id,http://nasional.news.viva.co.id/news/read/530569-pendukung-isis-ancam-hancurkan-candi-borobudur

Nina Choirani, ISIS Sasar Kalangan Muda, Diakses pada 10 Agustus 2014 dari Surat Kabar Harian Republika

Sri Lestari, Dukungan Terhadap ISIS Mengkhawatirkan, Diakses pada 16 Maret 2015 dari bbc.co.uk, http://www.bbc.co.uk/indonesia/berita_indonesia/2014/07/140724_isis_indonesia

Zhongdang pan dan Gerlad M. Kosicki, “Framing Analysis: An Approach to News Discoursesâ€, (dalam Political Communication, Taylor & Francis, 10, 1993)




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/albayan.v23i2.2494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah. Published by Center for Research and Community Service (LP2M) and Faculty of Da'wah And Communication, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

P-ISSN: 1411-5743

E-ISSN: 2549-1636

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.