PERAN ULAMA DALAM PEMBINAAN KEAGAMAAN MASYARAKAT PENAMBANG EMAS ILEGAL DI KECAMATAN SAMPOINIET KABUPATEN ACEH JAYA

Mahlil Mahlil

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran ulama dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat penambang emas tradisional, untuk mengetahui bagaimana metode apa saja yang digunakan ulama dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat penambang emas tradisional, mengetahui faktor apa saja pendukung dan penghambat ulama dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat penambang emas tradisional di Kecamatan Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif pengumpulan data dengan wawancara mendalam kemudian dideskripsikan secara detil. Teknik analisis data menggunakan Teori Interaktif Miles dan Hubberman. Hasil penelitian adalah Bahaya dari praktik penambangan yang tampak secara langsung adalah perambahan hutan sebagai lokasi penambangan, dan secara tidak langsung adalah bahaya dari penggunaan bahan kimia berbahaya berupa merkuri. Peran Dan Medote Yang Digunakan Ulama Dalam Melakukan Pembinaan Para Ulama tersebut berperan dalam melakukan pembinaan kepada para penambang tradisional, output dari peranan para Ulama ini berbeda-beda sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Faktor Pendukung Dan penghambat yang dihadapi ulama faktor pendukung dalam melakukan pembinaan adalah adanya dukungan pendaan dalam majlis ta’lim oleh MPU Aceh Jaya dan Dukungan fasilitasi pembinaan oleh pemerintah Kecamatan.

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Darwis A. Soelaiman, dkk, 2008, Aceh Bumi Iskandar Muda, Banda Aceh: PemerintahProvinsi NAD,

Eugene P. Odum, Dasar-Dasar Ekologi, Yogyakarta : UGM Pers, 1993,

Fawwaz Bin Hulayil Bin Rabah As-Suhaimi, Manhaj Dakwah Salafiyah,(Dar Ibnul Qoyyim, Dar Ibnu ‘Affan, 2003).

Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Penelitian Baru. Terjemahan. Jakarta: UI-Press.

Mulyana, Deddy dan Solatun. 2008. Metode Penelitian Komunikasi: Contoh-Contoh Penelitian Kualitatif Dengan Pendekatan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Pencerahan Intelektual Referensi bagi Khatib, Penceramah dan Da’i, Hasan Basri & Muhibbussabri Hanafiah Nanggroe Aceh Darussalam : BRR-BKPRMI : 2007.

http://radyan-prasetyo.blogspot.com/2012/07/konflik dikawasan pertambangan

Riyandi Lintang Pangesti, Internalisasi, Belajar dan Spesialis, (http://ilmu sosial dasarlintang. Blogspot.com/2012/10/Internalisasi-belajar-dan-spesialis.html), diakses 27 Maret 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/albayan.v23i2.2495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah. Published by Center for Research and Community Service (LP2M) and Faculty of Da'wah And Communication, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

P-ISSN: 1411-5743

E-ISSN: 2549-1636

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.