TALKSHOW RADIO SEBAGAI PROGAM FAVORIT PENDENGAR (STUDY TERHADAP PROGAM “FRIDAY TALKSHOW” PADA RADIO SIARAN RUMOH PMI)

rusna wati, ummi habibah

Abstract


Radio merupakan salah satu media massa elektronik yang menggunakan sistem audio (suara) tertua yang masih berkembang dan digunakan oleh masyarakat sampai dengan sekarang, dikeranakan ekonomis, mudah dijangkau, bisa didengar dimana saja dan kapan saja tanpa memerlukan waktu dan tempat yang khusus. Stasiun radio banyak menyajikan progam-progam acara salah satunya talkshow. Dimana talkshow merupakan suatu obrolan atau perbincangan yang menyampaikan suatu informasi oleh narasumber yang dipandu seorang pembawa acara atau penyiar yang nantinya akan ada sesi tanya jawab baik itu secara tatap muka (face to face) atau telepon (by phone). Dalam upaya pencapaian progam talkshow untuk menjadi salah satu progam favorit bagi pendengar maka produser dan penyiar radio harus bekerja sama dalam merancang serta memberikan ide topik berbincangan semenarik mungkin dengan memancing isu dan pertanyaan yang disampaikan bagi pendengar serta menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidangnya, supaya para pendengar radio bisa bertanya langsung kepada narasumber tersebut melalui sms atau telepon.

Kata Kunci: Talkshow, Radio, Progam Favorit Pendengar

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2006. Sosoilogi Komunikasi. Jakarta: Kencana Predana Media Group

Ghony, M. Djunaidi & Fauzan Almansur. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif . Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

H.A.W Widjaja. 2008. KOMUNIKASI {Komunikasi & Hubungan Masyarakat}. Jakarta: Bumi Aksara

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikas {Disertai Contoh Praktis Riset Media, Publik Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran}. Jakarta: Kencana

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikas {Disertai Contoh Praktis Riset Media, Publik Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran}. Jakarta: Kencana

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencan Prenada Media Group

Masduki. 2001. Jurnalistik Radio{(Menata Profesionalisme Reporter & Penyiar). Yogyakarta: LkiS

Masduki. 2004. Menjadi Broadcaster Prosesional. Yogyakarta : LKIS

Morissan. 2008. Manajemen Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio dan

Televisi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Muhfid, Muhammad. 2007. Komunikasi dan Regulasi Penyiaran.Jakarta: Kencana

Mulyana, Deddy. 2009. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nasution. 2003. Metodologi Research Penelitian Ilmiah, Jakarta: Bumi Aksaara

Prayuda, Harley. 2005. Radio Suatu Pengantar Untuk Wacana Dan Praktek

Penyiaran. Malang : Bayumedia.

River, William L, Jay W. Jensen & Theodore Peterson. 2004. Media Massa & Masyarakat Modern. Jakarta: Prenada Media

Subagyo, Joko. 2004. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Pendididkan{Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D}. Bandung: CV. Alfabeta

Triartanto, A.Lua y. 2010. Broadcasting Radio Panduan Teori dan Praktek. Yogyakarta : Pustaka Book Publisher.

Uchjana, Onong. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti

Wibowo, Fred. 2007. Teknik Produksi Program Televisi. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Indra Astuti, Santi.2008. Jurnalisme Radio: Teori dan Praktek, Bandung: Simboisa Rekatama Media

Jurnal:

eJournal Ilmu Komunikasi Fisip Unmul. 2013. Samarinda: vol 1 No 4

Irma, Ade & dkk. 2013. Jurnal Hasil Penelitian Persepsi Dosen & Mahasiswa Tentang Proses Siar RRI Kota Banda Aceh. Banda Aceh

Jurnal e-Komunikasi Progam Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra. 2014. Surabaya: Vol 2 No 1

Web:

file:///C:/Users/User/Downloads/TALKSHOW coleteh.htm

http://melonecantiq.blogspot.co.id/2009/10/radio-talkshow.html. Diakses pada tanggal 10 Februari 2016

http://hobbysiaran.blogspot.co.id/2013/06/tips-sukses-siaran-talkshow-di-radio.html. diakses pada tanggal 10 Februari 2016

http://www.orangradio.com/2013/10/menjadi-penyiar-radio-yang-baik.html. di akses pada tanggal 10 Februari 2016

Undang-Undang:

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 tentang Penyiaran




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/albayan.v23i2.2497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 photo Crossreff Compress_zpsfqqymo1e.jpg