PESAN-PESAN DAKWAH DALAM HADIH MAJA

Fakhri Fakhri, Muhammad Faizin

Abstract


Abstrak
Pesan-Pesan Dakwah dalam Hadih Maja didalamnya berbicara mengenai salah satu Kebudayaan Aceh dalam bentuk sastra yang memiliki berbagai pesan. Maja-Maja (moyang-moyang) dahulu menggunakan Hadih Maja sebagai salah satu panutan hidup selain al-Qur’an, hadits, ijmak dan qiyas. Namun saat ini keberadaan sudah mulai pudar dan jarang dipergunakan oleh generasi-generasi muda sekarang, padahal dalam Hadih Maja sangat banyak nilai-nilai dakwah atau mauizatul hasanah terkandung didalamnya. Tujuannya adalah untuk mengetahui nilai dakwah apa saja yang terkandung dalam Hadih Maja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik analisis isi. Dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara dokumentasi dan observasi. Kemudian data yang telah diperoleh dipisahkan dan langkah terakhir adalah pengolahan yakni dengan cara deskriptif analisis. Dan dapeat ditarik kesimpulan bahwa ada Hadih Maja yang mengandung pesan atau nilai dakwah baik itu secara langsung maupun tidak langsung, dari aspek aqidah, akhlaq, pendidikan, sosial, ekonomi, politik, hukum dan budaya. Salah hal yang menarik adalah terkait kebudayaan Aceh dalam bentuk Hadih Maja dapat direalisasikan sebagai sarana dakwah dengan menggunakan pendekatan metode dakwah cultural dan dapat dikenal oleh generasi-generasi Aceh selanjutnya.

Kata Kunci: Pesan Dakwah, Hadih Maja, Budaya lokal

Full Text:

PDF

References


Ali Hasjimy,,Sinar Darussalam Majalah Pengetahuaan Dan Kebudayaan Edisi Ke 17.YPD Unsyiah - IAIN Ar-Raniry.Banda Aceh 1981.

A. Raman Kaoy & Elbi Hasan Basri,,Pedomoman Pelaksanaan Dakwah Islam ,Ak Group Bekerja Sama Dengan Ar-Raniry Perss.Yogyakrta 2006.

Mohd Hamzah ,,Peutitih Peutiteh.Majelis Adat Aceh (MAA) .Banda Aceh.2007.

……….. Majalah Dwi Bulanan Suara LAKA Edisi Ke Dua.Lembaga Adat Dan Kebudayaan Aceh ( LAKA ) Banda Aceh 1992.

Abdurrahman Fathoni., Metode Penelitian Dan Teknik Penyusunan Skripsi .Cet 1. Rineka Cipta. Jakarta 2006.

Arifin Zain Dkk., Panduan Penulisan Skripsi. Fakultas Dakwah. Ar-Raniry Press. Banda Aceh 2009

Burhan Bugin,Metode Penelitian Kuantitatif Komunikasi,Ekonom Dan Kebijakan Public.Serta Ilmu-Ilmu Social Lainnya.Cet 1.Kencana,Perdana Media Group.Jakarta 2006.

Bilmauidhah.,Puitisasi Terjemahan Al-Qur’an Analisis Terjemahan Al-Qur’an Bersaja Bahasa Aceh.Cet 1.Yayasan PENA Banda Aceh.Banda Aceh 2011.

Anwar Arifin, Dakwah Kontemporer Sebuah Studi Komunikasi, (Yogyakarta : Graha Ilmu, 2011)

Wahidin Saputra,Pengantar Ilmu Dakwah, (Jakarta : Rajawali Pers,2011)

H,Badruzzaman Ismail,Panduan Adat Dalam Masyarakat Aceh(Banda Aceh.Penerbit CV.Boebon Jaya 2013).

H.Baddrudin Ismail, Sistem Budaya Adat Aceh Dalam Membangun kesejaktraan (Nilai Sejarah Dan Dinamika Kekinian) Banda Aceh : Penerbit Majelis Adat Aceh (MAA) 2008.

Iskandar Norman,Hadih Maja Filosofis Hidup Orang Aceh,Cet I Banda Aceh : Muhammad Munir & Wahyu ilahi, Manajemen Dakwah, Jakarta : 2009.

M.Munir, Metode Dakwah, Jakarta : Kencana, 2009 .

M. Arifin ,Psikologi Dakwah Suatu Pengantar Studi Jakarta: 2000.

An Nawawi, HaditsArba’in.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan, Bandung: CV Penerbit J-ART, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/albayan.v23i2.2498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah. Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with Faculty of Da'wah And Communication, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.