KOMUNIKASI INTERPERSONAL USTAD DAN USTAZAH DALAM PROSES MEMBIMBING SANTRI UPAYA MEMBERIKAN PEMAHAMAN AGAMA PADA ANAK DI TPA AL-MUKHAYYARAH

Nur Anita, Syahril Furqany, Baharuddin AR

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaiman komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh ustad dan ustazah pada TPA Al-Mukhayyarah dalam hal membimbing santri dalam upaya memberikan pemahaman agama. Anak dalam hal ini adalah santri perlu dibimbing dan dibina agar pemahaman agamanya kuat. Sehingga anak-anak mempunyai pemahaman untuk melakukan ibadah dan mempunyai ketahan untuk membentengi diri dari pengaruh zaman yang semakin canggih. Penelitian ini menggunakan metode kualitati deskriptif dengan menggunakan teknik analisis data Model Miles dan Hubberman. Hasil peneelitian menunjukkan bahwa ada berapa proses yang dilakukan oleh ustad dan ustazah dalam membimbing santri seperti pembinaan akhlah, peningkatan prestasi anak, ajakan dan pendampingan, keteladanan, memberi peringatan, reward, dan punishment, Pemahaman bacaan Al-quran, kelancaran bacaan shalat fardhu. Dalam hal membimbing santri juga memiliki beberapa hambatan adalah anak-anak yang tidak tidur siang, atau tidak cukup tidur, sehingga mengantuk saat mengaji, anak yang murung karena sering dimarahi oleh orang tuanya, sehingga perlu bimbingan khusus untuk membangkitkan semangatnya kembali.

Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Membimbing, Santri, Pemahaman Agama.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22373/albayan.v23i2.2640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah. Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with Faculty of Da'wah And Communication, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.