PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KEPEMIMPINAN MANAJEMEN DAKWAH

Raihan Raihan

Abstract


ABSTRAK
Keputusan berarti hasil akhir dalam mempertimbangkan sesuatu yang akan dilaksanakan secara nyata. Keputusan dapat diartikan sebagai hasil terbaik dalam memilih satu dari lebih alternatif pilihan. Pengambilan keputusan merupakan proses rangkaian kegiatan menganalisis berbagai fakta, informasi, data dan teori/pendapat yang akhirnya sampai pada satu kesimpulan yang dinilai paling baik dan tepat. Secara umum, proses pengambilan keputusan kepemimpinan dapat melalui tiga tahap yaitu tahap penelitian, desain dan pemilihan. Sedangkan bila ditinjau dari tingkatan kepemimpinan manajemen dakwah, terdapat tiga tingkatan keputusan yang terdapat dalam suatu kepemimpina organisasi, yaitu keputusan strategik, keputusan teknis dan keputusan operasional. Kepemimpinan manajemen dakwah memiliki hubungan erat dengan proses pengambilan keputusan. Hal tersebut didasarkan dari berbagai macam pendapat umum bahwa inti dari manajemen adalah kepemimpinan. Sementara itu seorang pemimpin di dalam manajemen dakwah dituntut untuk membuat keputusan dalam rangka menyelesaikan masalah, karena suatu masalah harus diselesaikan dan atas dasar penyelesaian masalah itu maka pemimpin tersebut dapat merumuskan suatu perencanaan lebih lanjut guna memajukan organisasi yang dipimpinnya. Dengan demikian dapat dipahami bahwa pengambilan keputusan di dalam manajemen dakwah merupakan aspek terpenting karena tanpa adanya pengambilan keputusan, maka seorang pemimpin manajemen dakwah tentu tidak akan dapat menjalankan semua fungsi-fungsi manajemen dakwah (mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi) secara efektif.

Kata Kunci : Pengambilan Keputusan, Kepemimpinan Manajemen Dakwah


ABSTRACT
The decision essentially means the end result in consider something that will be implemented in practice. Decisions can also be interpreted as the best results in selecting one of two or more of the alternative. Meanwhile, decision-making is a process or series of activities to analyze a variety of facts, information, data and theory/opinion finally came to the conclusion that is considered the most good and proper. In general, the leadership decision-making process can go through three phases: research, design and selection. Meanwhile, when viewed from the level of management leadership da'wah, there are three levels of decision contained in a leadership within the organization, the strategic decisions, technical decisions and operational decisions. Leadership da'wah management has a close relationship with the decision-making process. It is based on a wide range of public opinion that the core of management (including management of da'wah) is leadership. Meanwhile, a leader in the management of da'wah required to make decisions in order to resolve the problem, as a problem to be solved and on the basis of the settlement of that issue those leaders can formulate a further planning in order to promote the organization he leads. Thus it can be understood that the decision-making in the management of propaganda is the most important aspect because of the absence of decision-making, then a leader of management propaganda would not be able to run all management functions of propaganda (from planning, organizing, implementing, monitoring and evaluation) are effective.

Key Words: Decision Making, Leadership da'wah management

Full Text:

PDF

References


A. Simon dalam H.B. Siswanto, Pengantar Manajemen, (Jakarta: Bumi Aksara, 2005).

Gatot Suradji dan Engelbetus Martono, Ilmu Dan Seni Kepemimpinan, (Bandung: Pustaka Reka Cipta, 2013).

Hadari Nawawi, Kepemimpinan Menurut Islam, (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1993).

H.B. Siswanto, Pengantar Manajemen, (Jakarta: Bumi Aksara, 2005).

Irham Fahmi, Manajemen Pengambilan Keputusan, (Bandung: Alfabeta).

J. Supranto, Teknik Pengambilan Keputusan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2009).

Maringan Masry Simbolon, Dasar-Dasar Administrasi dan Manajemen, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2004).

M. Munir dan Wahyu Ilaihi, Manajemen Dakwah, ( Jakarta: Kencana, 2006).

Sondang P. Siagian, Fungsi-Fungsi Manajerial, (Jakarta: Bumi Aksara, 2005).

Zaini Muhtarom, Dasar-Dasar Manajemen Dakwah (Jakarta: Al- Amin dan IKFA, 1996).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright by Jurnal Al Bayan - Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Indexed by: