KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU (TKIT) AL-AZHAR LAMGUGOB BANDA ACEH

Muthmainnah Muthmainnah

Abstract


Taman Kanak-kanak (TK) merupakan lembaga pendidikan formal yang
ditempuh anak pada masa pra-sekolah. Pendidkan Agama Islam (PAI)
merupakan salah satu dari bagian kurikulum TK yang bertujuan untuk
membekali anak dengan pendidikan agama pada masa usia dini. Taman
Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Al-Azhar merupakan salah satu TK yang
memiliki kurikulum PAI yang memadai di samping mengajarkan sains lainnya
kepada anak dengan menggunakan metode-metode yang tidak membosankan
dalam pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan sejauh
mana kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) diajarkan pada tingkat
Pendidikan Usia Dini (PAUD). Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui
wawancara dan dekumentasi lalu dianalisis dengan teknik analisis kualitatif.
Hasilnya adalah bahwa kurikulum PAI pada TKIT Al-Azhar mencakup
berbagai aspek keagamaan seperti: al-quran, hadits, ibadah, dan muamalah
dengan menggunakan metode belajar sambil bermain sehingga anak tidak
bosan dalam belajar.

Keywords


Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, dan TKIT Al-Azhar

Full Text:

PDF

References


Ad-Dimasyqi, Al-Imam Abul Fida Ismail Ibnu Kasir. Tafsir Al Qur’an al-‘Ażīm,

terjemahan Bahrum Abu Bakar, Tafsir Ibnu Kaśīr juz 14, (Bandung: Sinar

Baru Algesindo, 2003).

Albrect dan Miller, The Comprehensif Infant Curriculum, Beltsville MD: Gryphon

House Ins, 2000).

Al-Bukhari, Abu Abdullah Muhammad ibn Ismail. Shahih Al-Bukhari bi Syarh

Al-Karamany, juz VII, (Bairut: Dar Al-Fikr, 1991), h. 153.

Ali, Muhammad. Pengembangan Kurikulum di Sekolah, (Bandung: Sinar Baru,

.

Anwar, Dessy. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, (Surabaya: Amelia, 2005).

Darajat, Zakiah. Pendidikan Islam Dalam Keluarga dan Sekolah, (Jakarta: CV.

Ruhama, 2001).

Ihsan, Hamdani. dan Ihsan, A. Fuad. Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung:

Pustaka Setia, 2001).

Ma’ruf, Naif Mahmud. Khashaishu Al-‘Arabiyah wa Tharaiqu Tadriisiha, (Bairut:

Dar An-Nafais, Cet. IV, 1991).

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, Cet. V, 2006).

Sabda, Syaifuddin. Model Kurikulum Terpadu Iptek dan Imtaq: Desain,

Perkembangan dan Implementasi, Cet. I, (Ciputat: Ciputat Press, 2006).

Salabi, Ahmad. History of Muslim Education, (Bairut: Dar Al-Kasyaf, 1954).

Sujiona, Nuraini. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta: PT. Indeks,

.

Undang-undang Guru dan Dosen (UU RI No. 14 Th. 2005), (Jakarta: Sinar

Grafika, Cet. 3, 2010).

Yuliati, Dwi. Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak, (Jakarta: PT.

Indeks, 2010).

http://id.wikipedia.org/wiki/Taman Kanak-kanak




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.1321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.