PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN IMAJINASI TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA PADA ANAK USIA DINI

Azhari Azhari

Abstract


Keterampilan berbahasa seorang anak harus diarahkan dan bina secak usia
anak dini, kemampuan berbahasa seseorang menunjukkan kecerdasanya dalam
mengungkapkan kata-kata dan kalimat-kalimat tersentu secara teratur dan
tepat. Kemampuan bercerita anak dipengaruhi oleh kemampuan dasar
imajinasi anak tersebut, setiap anak memiliki kemampuan imajinasi yang
bervariasi, maka secara psikologis guru harus mampu membina dan
mengembangkan kemampuan dasar imajinasi anak agar dapat mencerdaskan
anak tersebut dalam berpikir dan menuangkan imajinasinya ke dalam hal-hal
yang positif. Melalui tulisan ini ingin diungkapkan bagaimana peran guru
dalam mengembangkan imajinasi anak dalam bercerita, dan bagaimana peran
guru untuk mengasah kemampuan anak dalam bercerita Guru memiliki peran
yang sangat penting dalam mengembangkan imanisi anak, mengasah
kemampuan anak agar mampu bercerita melalui imanisi yang ada,
penggunaan metode dan media pembelajaran yang tepat sangat menentukan
keberhasilan guru dalam mengembangkan kemampuan bercerita anak usia
dini. Guru dapat menggunakan metode yang bersesuaian dengan media yang
diterapkan, dalam menembangkan imajinasi anak untuk bercerita guru dapat
menggunakan media visua berupa gambar dan media audio visual berupa film
kartun yang bernuansa Islami.

Keywords


Guru, Imajinasi, Keterampilan Bercerita

Full Text:

PDF

References


Arief, Armai Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Isalm, Jakarta: Ciputat

Press, 2002

Arsyad, Azhar, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Yokyakarta: Pustaka

Pelajar, 2010

., Media Pembelajaran, ( Jakarta: Raja Grafindo Persad, 2009

B. Uno, Hamzah, Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran, Jakarta: Bumi

Aksara, 2009

Gulo, W Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Grasindo, 2008

Sadiman, Arief S Media Pendidikan, pengertian, pengembangan dan pemanfaatanya,

Jakarta: Grasindo Persada,2008

Santana, K, Setiawan Menulis ilmiah: metode penelitian kualitatif,Jakarta: Yayasan

Obor Indonesia, 2007

Sudomo, Anggani, Sumber Belajar dan Alat Permaian,( Untuk Pendidikan Anak

Usia Dini, Jakarta; Grasindo, 2000

Susilana, Rudi Media Pembelajaran, hakikat, pengembangan, dan penilaian Bandung:

Wacana Prima

Tarigan, Djago Teknik Pengajaran Berbahasa, Bandung: Angkasa, 2003

Musfirah, Taqdiraatul, Menumbuhkembangkan Baca-tulis anak Usia Dini, Jakarta:

Grasindo, 2009




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.1323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.