PEMBINAAN PROFESIONAL GURU TAMAN KANAK-KANAK MELALUI SUPERVISI

Nurmalina Nurmalina

Abstract


Guru professional dituntut dengan sejumlah persyaratan minimal, antara lain;
memiliki kualifikasi pendidikan profesi yang memadai, memiliki kompetensi
kemampuan berkomunikasi dengan siswanya, mempunyai jiwa kreatif dan
produktif, mempunyai etos kerja dan komitmen tinggi terhadap profesinya dan
selalu melakukan pengembangan diri secara terus menerus melalui organisasi
profesi, buku, seminar dan semacamnya. Guru yang professional amat berarti
bagi pembentukan sekolah unggulan. Supervisi merupakan bantuan, arahan dan
bimbingan dari pihak atasan pada bawahannya. Supervisor secara kontinu
memberikan arahan, bimbingan, pengawasan serta penilaian terhadap berbagai
masalah yang berhubungan dengan pengembangan dan perbaikan mengajar guru
serta yang berkaitan dengan bidang profesinya. Salah satu kegiatan untuk
membina guru menjadi professional adalah melalui supervisi. Fungsi dari
pelaksanaan supervisi adalah mengontrol dan mengkoordinasikan
penyelenggaraan pendidikan taman kanak-kanak dalam rangka meningkatkan
dan mengembangkan kualitas taman kanak-kanak secara keseluruhan dari proses
belajar, pengajar dan administrasi sekolah yang mendukung berlangsungnya
pembelajaran. Kegiatan supervisi harus dilakukan secara terencana dan
terorganisir dengan sebaik-baiknya sehingga secara terus menerus dapat
meningkatkan kemampuan professional kepala sekolah dan guru taman kanakkanak.

Keywords


Profesional Guru, Supervisi.

References


Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Supervisi, Jakarta: Rineka Cipta, 2004

Bafadal, Ibrahim, Dasar-dasar Manajemen dan Supervisi Taman Kanak-kanak, Jakarta:

Bumi Aksara, 2012

Daryanto, Administrasi dan Manajemen Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2013

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Bahan Dasar Peningkatan Wawasan

Kependidikan Guru TK Program Kegiatan Belajar Pengembangan Agama Islam,

Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1993

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar

Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Purwanto, Ngalim, Supervisi dan Administrasi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda

Karya, 2007

Suhardan, D, Standar Kinerja Guru dan Pengaruhnya Terhadap Pelayanan Belajar

dalam Mimbar Pendidikan, Bandung: UPI, 2010.

Supriadi, Dedi, Mengangkat Citra dan Martabat Guru, Yogyakarta: Adicita Karya

Nusa, 1999

Yahya, Murip, Profesi Tenaga Kependidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2013

Zahroh, Aminatul, Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi

Profesionalisme Guru, Bandung: Yrama Widya, 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v3i2.1704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.