MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN

Murni Murni

Abstract


Manajemen tenaga pendidik dan kependidikan adalah aktivitas yang harus dilakukan mulai dari tenaga pendidik dan kependidikan itu masuk ke dalam organisasi pendidikan sampai akhirnya berhenti melalui proses perencanaan SDM, perekrutan, seleksi, penempatan, pemberian kempensensi, penghargaan, pendidikan dan latihan pengembangan dan pemberhentian. Manajemen tenaga kependidikan (guru dan pegawai) mutlak harus diterapkan oleh kepala sekolah agar dapat mendayagunakan tenaga kependidikan secara efektif dan efesien untuk mencapai hasil yang optimal. Sesuai dengan hal ini, maka seorang kepala sekolah harus dapat mencari, memposisikan, mengevaluasi, mengarahkan, memotivasi, dan mengembangkan bakat setiap guru dan pegawainya serta mampu menyelaraskan tujuan individu dan organisasi.


Keywords


manajemen, Pendidik dan kependidikan

Full Text:

PDF

References


E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2015.

Imam Wahyudi, Mengejar Profesionalisme Guru, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2012.

Matin, Perencanaan Pendidikan: Perspektif Proses dan Teknik dalam Penyusunan Rencana Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press, 2013.

M. Rudi, Manajemen Pendidikan, Banjar: 2011, Tersedia di http://www.scribd.com/feeds/rss diakses pada tanggal 2 Mei 2016.

Sadili Samsudin, ”Manajemen Sumber Daya Manusia,” Bandung: Pustaka Setia, 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.