ISLAM DAN TERORISME

Zulkhaidir Zulkhaidir

Abstract


Islam membenarkan jihad dengan syarat-syarat yang ketat. Malah, jihad itu sendiri dianjurkan dan bagian dari bukti keimanan setiap muslim. Namun demikian, jihad harus diletakkan pada konteks yang benar, sesuai dengan contoh Rasulullah dan keinginan Allah. Perkembangan selanjutnya, sebagian umat Islam itu sendiri memahami konteks jihad sangat beragam. Beberapa kasus temporer menunjukkan, ada pemahaman (dianggap) keliru tentang jihad. Kondisi ini bisa terjadi dikarenakan pertama, memahami ayat-ayat yang berkenaan dengan jihad tidak holistik. Kedua, kebijakan elit penguasa yang (dianggap) selalu menzhalimi umat Islam. Seperti kasus bom bunuh diri di Pakistan atau di Irak. Anjuran jihad sangat bertolak belakang dengan teroris. Sebaliknya Amerika Serikat dan Israel dalam berbagai kebijakan mereka terhadap umat Islam, selalu menunjukkan perilaku teroris. Karena menguasai media, mereka sanggup untuk mendefinisikan segala sesuatunya berdasarkan kepentingan politik yang ingin mereka capai. Pada akhirnya, kebenaran akan muncul dan menjelaskan realitas yang sebenarnya. Mengutip pendapat Ibnu Khaldun yang mengumpamakan kejayaan suatu negara itu ibarat kehidupan yang pasti akan memasuki masa tua dan akhirnya lenyap.

Keywords


Islam, Terorisme

Full Text:

PDF

References


Al-Jauziyyah, Al-Imam Ibnu Qoyyim. Konsep Jihad Menurut Ulama Salaf. (terjemahan: Hawin Murthada) At-Tibyan. Solo. Tanpa tahun.

Arif, Syamsuddin. Memahami Konsep Jihad, dalam Hidayatullah, edisi Januari 2006.

As-Sahamrani, As’ad. Menyingkap Terorisme Dunia. Terj: Erwin Yuandani. Era Intermedia. 2005.

Carr, William G. Yahudi Menggenggam Dunia. (terjemahan: Mustolah Maufur). Pustaka Al-kautsar. Jakarta. 1999.

Chomsky, Noam. Menguak Tabir Terorisme Internasional, Mizan. Bandung. 1991.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. 1997.

Garaudy, Roger. Mitos dan Politik Israel (terjemahan: Maulida Wiatuddin). Gema Insani Press. Jakarta. 2000.

Muzaffar, Chandra. Muslin, Dialog Dan Teror. Terj: Syamsul. Profetik. Jakarta. 2004.

Takruri, Nawaf Hail. Aksi Bunuh Diri Atau Mati Syahid. (Terjemahan: M. Arif Rahman dan M. Suharsono). Pustaka Al-Kausar. Jakarta. 2002.

Zaenal, Rakhmat. Makelar Dongeng Holocoust:Catatan Perjalan dari Dalam Israel. Era Intermedia. Solo. 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jiif.v7i2.3064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Ilmiah Islam Futura

All works are licensed under CC-BY

©Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with the Post-Graduate Program of UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.