Analisis Kebijakan Sistem Klasifikasi Terhadap Penelusuran Informasi Pemustaka pada Perpustakaan Umum Kabupaten Aceh Besar

Indri Nadia Indri Nadia

Abstract


Menganalisis Kebijakan Sistem Klasifikasi terhadap Penelusuran Informasi oleh Pemustaka pada Perpustakaan Umum Kebupaten Aceh Besar. Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana kebijakan sistem klasifikasi terhadap penelusuran informasi oleh pemustaka, dengan tujuan menganalisis kebijakan sistem klasifikasi terhadap penelusuran informasi oleh pemustaka pada Perpustakaan Umum Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan angket. Informan dalam penelitian ini adalah Kabid. Pengelola Teknis Kegiatan Perpustakaan dan 24 pemustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan sistem klasifikasi yang diterapkan pada Perpustakaan Umum Kabupaten Aceh Besar sangat bermanfaat terhadap kemudahan penelusuran informasi yang dilakukan oleh pemustaka. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kebijakan tersebut memberikan dampak yang sangat baik terhadap penelusuran informasi oleh pemustaka.

References


Lasa HS, Kamus Kepustakawan Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Book Publisher, 2009.

Marbun, Kamus Politik, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2000.

Melvil Dewey, Dewey Decimal Classification and Relative Index, Dublin: OCLC Online Computer Library Center, 2003.

Murdifing Haming, Manajemen Produksi Modern, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Poerwadarmita, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka. 2007.

Shiyali Ramamrita Ranganathan, Colon classification: An outline with examples, diakses melalui http://www.iskoi.org/doc/ colon.htm pada tanggal 23 Agustus 2016.

Sulistyo Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993.

Wiji Suwarno, Pengetahuan Dasar Kepustakaan, Bogor: Ghalia Indonesia, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/1216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.