Konstribusi Tokoh dalam Dunia Perpustakaan: Analisis Pemikiran G. Edward Evans tentang Pengembangan Koleksi

Sri Andayani

Abstract


Para tokoh mempunyai andil besar terhadap kemajuan bidang Ilmu Perpustakaan. Konsep dan ide-ide yang digagas menjadi kerangka berpikir dan pedoman bagi mereka yang terjun ke dalam dunia perpustakaan. Artikel ini menyajikan pemikiran G. Edward Evans mengenai pengembangan koleksi dengan rumusan patron community. Tujuannya adalah untuk memberi gambaran tentang konsep patron community yang dilakukan dalam pengelolaan perpustakaan yang dibandingkan dengan konsep pengembangan koleksi hasil pemikiran Yuyu Yulia. Isi artikel diharapkan dapat memberi inspirasi bagi mahasiswa Ilmu Perpustakaan, pustakawan dan semua pihak yang terlibat dalam pengembangan koleksi di perpustakaan.

Full Text:

PDF

References


Evans, G. Edward Developing Library and Information Center Collections, Colorado: Library Unlimited, 1995.

Evan, G. Edward dkk., Introduction to Technical Service: Eight Edition, Santa Barbara, Caifornia: Library Unlimited, 2011.

Evans, G. Edward, Performance Management dan Appraisal: A How To Do It Manual for Librarians, New York: Neal-Schuman Publishers, 2004.

Mitchell, Joan S. dkk., Decimal Dewey Classification and Relative Index Ed. 23, Dublin, Ohio: OCLC, 2011.

Suwarno, Wiji, Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi; Suatu Pendekatan Praktis, Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2007.

Yulia, Yuyu dan Janti Gristinawati Sujana, Pengembangan Koleksi, Jakarta: Universitas Terbuka, 2009

Evans, G. Edward, Edward Evans’s Books https://www.goodreads.com/author/show/385063.G_Edward_Evans (Diakses, 12 Desember 2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/1691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.