Preservasi Arsip

Ade Nufus

Abstract


Tulisan ini berjudul Preservasi Arsip dengan rumusan masalah bagaimanakah tahapan dalam kegiatan preservasi arsip. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah library research dan tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan yang harus dilakukan saat melakukan kegiatan preservasi arsip. Karena nilai informasi yang terkandung dalam arsip merupakan informasi yang berharga, maka arsip harus dirawat, dilestarikan dan mendapatkan penanganan yang baik. Preservasi arsip yang dilakukan berbeda-beda sesuai dengan bahan dasar arsip diantaranya kertas, foto, digital dan bahan dasar lainnya. Begitu juga tempat penyimpanan dan pengaturan suhu, cahaya bahkan kelembaban terhadap penyimpanan arsip. Preservasi arsip adalah kegiatan menjaga keberlangsungan siklus hidup arsip agar informasi yang terkandung tetap dapat diakses. Karena ketahanan arsip tersebut akan sangat bergantung terhadap pengelolaan maupun tindakan preservasi yang dilakukan sepanjang siklus hidup arsip. Preservasi secara umum bertujuan untuk mencegah risiko kerusakan agar tidak terjadi dalam jangka waktu yang cepat, hal ini biasanya dilakukan dengan pemilihan fasilitas dan penyimpanan yang berkualitas baik penanganan yang tepat oleh staff, serta mengidentifikasi atau menggandakan bagian yang rusak untuk diperbaiki agar informasi tetap dapat diakses.

Full Text:

PDF

References


Archives Governance. “Preserving Archievesâ€. https://www.archives.gov/ preservation/ about.html, diakses pada 12 Juni 2017.

Forde, Helen. Preserving Archives. London: Facet Publising, 2007.

International Council Of Archives. Preserving Records. London : International Records Management Trust, 1999.

Ismiatun, Diah. “ Manajemen Arsip Statis: Langkah Pendayagunaan Arsip Statis Hingga Layanan Publikâ€. http://bapersip.jatimprov.go.id/images/artikel /Manajemen%20Arsip%20Statis.pdf, diakses pada 24 Mei 2017

Martoadmojo, Karmidi. Pelestarian Bahan Pustaka.. Jakarta: Universitas Terbuka, 2010.

Naa Goverment. “Preserving Informationâ€. http://www.naa.gov.au/information-management/managing-information-and-records/preserving/index.aspx, diakses pada 12 Juni 2017.

Pemerintah Republik Indonesia. “UU No.43 Tahun 2009: Arsip Nasional Republik Indonesiaâ€,. www.anri.go.id/assets/download/87Nomor-43-Tahun-2009-Tentang-Kearsipan.pdf, diakses pada 27 Mei 2017.

Walker, Alison. Preservation Advisory Center: Basic Preservation. Inggris: The British Library Board, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/2405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.