DINAMIKA PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB; ANTARA TEORI DAN PRAKTEK

Azman Ismail

Abstract


Perkembangan bahasa Arab di negara Timur Tengah terus berkembang sesuai dengan perkembangan kebudayaan, sehingga Bahasa Arab terbagi atas beberapa corak. Akibatnya siswa Indonesia yang ingin meneruskan studinya ke negara Timur Tengah akan menghadapi berbagai kesulitan. Inilah salah satu sebab kenapa tidak banyak mahasiswa Indonesia memperoleh ijazah stara dua dan tiga dari berbagai universitas di Timur Tengah. Sementara itu, juga terdapar dinamika perbedaan bentuk pengajaran bahasa Arab dalam lingkungan lembaga pendidikan di Indonesia. Seperti bentuk pengajaran bahasa Arab di dayah/pesantren terfokus pemahaman teks kitab klasik, sementara di madrasah dilakukan dengan bahasa Indonesia dan di dayah modern, terintegrasi pada empat aspek kemahiran bahasa. Untuk mengatasi kesulitan bagi siswa atau mahasiswa khususnya siswa atau mahasiswa Indonesia dalam belejar dan menguasai bahasa Arab, maka ada beberapa hal yang harus diterapkan oleh unsur-unsur utama pendidikan, seperti tenaga pendidik, pimpinan, siswa, dan stakeholdern, yaitu pembaharuan metode pembelajaran bahas Arab dengan memadukan empat kermahiran berbahasa, bobot pengajaran mata pelajaran bahasa Arab perlu ditambah, materi yang diajarkan harus selalu disesuaikan dengan perkembangan bahasa Arab di negara Timur Tengah, mengelola lingkungan bahasa Arab yang kondusif.

Keywords


Dinamika Perkembangan Pengajaran bahasa Arab, Bahasa Arab Fush-ha dan ‘Ammiyyah

Full Text:

PDF

References


Abdu al-Haqal-Hawwasi, al-Muallaqat (Amman: Dar al-Fath, 2033)

Abdurrahim al. Kurdi, Nahwa Tahqiq al-Ma’ayir al-Alamiyyah li al-Manahij al-Dirasiyyah li Ta’limi al-Lughah al-Arabiyyah li al-Nathiqin bi Ghairiha, dalam Majmu’ah Buhuts al-Lughah al-Arabiyyah Asas al-Tsqafah al-Insaniyyah, Malang, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2015)

Kamil al-Khuiski, al-Maharat al-Lughawiyyah,Riyadh: Dar al-Ma’rifah al-Jami’iyyah, 2009)

Kementerian Agama Republik Indonesia, Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013, Cetakan ke-1, Jakarta, 2014.

Muhammad Khalafan, Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah li an-Nathiqin bi Ghairiha min Khilali Tsaqafatiha, dalam Majmu’ah Buhuts al-Lughah al-Arabiyyah Asas al-Tsqafah al-Insaniyyah, Malang, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2015

Mahmud Fahmi Hijazi, Ilmu al-Lughah al-Arabiyyah, Dar Gharib, t.t)

Ramdhan Abdu al-Tawwab, al-Tathawwur al-Lughawi (Cairo: Maktabah al-Khanji, 1990)

Robert Lado dalam Mahmud Ibrahim Shini dkk,, al-Taqabul al-Lughawi wa Tahlil al-Akhtha’, Riyadh:Jami’ah al-Malik Suud,1982)

Said Muhammad Badawi, Mustawayat al-Arabiyyah al-Muashirah,Cairo Dar al-Salam, 2012)




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/l.v6i2.871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Azman Ismail

License URL: jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lisanuna/article/view/871

Jurnal Lisanuna
Jurnal Lisanuna©2022/2023, Published by Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA),  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh
All rights reserved
=================
To be Indexed by:

 

Flag Counter