APLIKASI MODEL TUTORIAL SEBAYA DENGAN PENGAJARAN TERPOGRAM DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH

Usman Husen

Abstract


Pembelajaran dengan sitem kuliah cenderung hanya dappat dimanfaatkan secara baik oleh mahasiswa yang cepat dan rajin saja dan jumlah mereka ini biasanya sangat terbatas. Pada sisi lain perkuliahan dalam nntuk diskusi makalah yang sering juga dilakukan selama ini belum berjalan dengan baik. Persoalan pembelajaran terutama bagi mahasiswa Fakultas Pendidikan dan Keguruan harus diberikan secara variatif agar menjadi model bagi mereka untuk ditiru langsung dan diikuti kelak. Salah satu model Aactive Learning adalah Pembelajaran Tutorial Terprogram. Model pembelajaran ini akan lebih menggerakkan mahasiswa untuk belajar karena caranya langsung berhadapan satu persatu antara tutor dan tutee sehingga semua mereka terlibat aktif dalam pembelajaran. Mereka akan memperoleh keuntungan-keuntungan berupa semua mahasiswa sempat belajar secara efektif melalui tutor sebaya dan juga dari dosen, bagi mahasiswa cepat akan lebih jauh menguasai materi karena mereka sering membelajarkan teman-temannya.

Keywords


Model, Tutorial Sebaya, Pengajaran Terprogram dan Qira’ah

Full Text:

PDF

References


James Pophamdan Eva L. Baker, W. Teknik Mengajar Seaca Sistematis, (terj. Amirul Hadi dkk.), Jakarta, Rineka Cipta, 2005

Mulyasa, E. Manjadi Guru Profesional, Bandung, Remaja Rosdakarya, Tahun 2006, hal. 90.

Nasution, S., Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta, Bina Aksara,, 1988.

Nasution, S., Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, jakarta, Bina Aksara, 1998.

Nurdin, Syafruddin Guru Profesional & Implementasi Kurikulum, Jakarta, Quantum Teaching, 2006.

Oemar hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara, 2006.

Oemar Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Cet kelima belas, Jakarta, Bumi Akasara: 2013.

Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Depok, 2013.

Saleh Muntasir, M., Pengjaran Terprogram, Teknologi Pendidikan dengan Pengandalan Tutor, Jakarta, 1985.

Silberman, Melvin L., Active Learning, (Penterejemah Raisul Muttaqien), Bandung, Nusamedia, 2009.

Solhatin, Etin, Cooperative learning Analisis Model Pembelajaran IPS, Bumi Aksara, Jakarta, tahun 2008.

Suherman, Erman, Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siwa, Jakarta, Rineka Cipta, 2005

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Jakarta, Kencana Prenada Media Group, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/l.v6i2.872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Usman Husen

License URL: jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lisanuna/article/view/872

Jurnal Lisanuna
Jurnal Lisanuna©2022/2023, Published by Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA),  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh
All rights reserved
=================
To be Indexed by:

 

Flag Counter