Analisis Kesesuaian Konsep Asset and Liability Management (Alma) dengan Sistem Perbankan Syariah

Ridwan Nurdin

Abstract


Bank syariah merupakan lembaga yang bergerak dibidang jasa keuangan. Dalam operasionalnya, lembaga ini memperoleh aset dari modal ekuitas, Dana Pihak Ketiga dan dana pinjaman lainnya. Sumber sebagian besar komposis modal tersebut besasal dari liabilitas yaitu Dana Pihak Ketiga dan pinjaman lainnya. Oleh sebab itu dibutuhkan sistem manajemen yang dapat mencakup pengeloaan aset dan liabilitas. Oleh sebab itu bank syariah menerapkan Asset and Liability Management. Sistem manajemen ini telah lama berkembang dan merupakan sistem manajemen adopsi dari bank konvensional. Untuk itulah penulis akan melihat penerapannya serta kesesuaian dengan sistem bank syariah. Hasil analisis penulis menunjukkan bahwa (1) Penerapan Manajemen Aset dan Liabilitas (Asset and Liability Management) pada perbankan syariah diterapkan dalam unit khusus yang dinamakan ALCO (Asset and Liability Management Committee). Komite ini bertugas merencanakan, mengogarnisasi dan mengawasi investasi bank syariah. Tujuan manajemen ini ialah memaksimalkan profit dari sumber asset yang tersedia dengan tetap memperhatikan kebutuhan likuiditas dan prinsip-prinsip kehati-hatian; (2) Teori Manajemen Aset dan Liabilitas (Asset and Liability Management) sesuai diterapkan pada sistem perbankan syariah bila dilihat dari pengakuan bank terhadap Dana Pihak Ketiga, akan tetapi dalam penerapannya jauh berbeda dari bank konvensional. Perbedaan mendasarnya ialah bank syariah tidak memiliki kewajibannya membayar biaya modal. Biaya modal hanya akan dibayarkan bila hasil usaha menguntungkan.

Keywords


ALMA, Sistem Perbankan Syariah

Full Text:

PDF

References


Antonio, Muhammad Syafi’i. 2001. Bank Syariah dari Teori ke Praktek. Cet. I. Jakarta: Gema Insani Press.

Arifin, Zainul. 2006. Dasar-dasar Manajemen Bank Syariah. Cet. IV. Jakarta: Alvabet.

___________. 2009. Dasar-dasar Manajemen Bank Syariah. Cet. VII. Edisi Revisi. Jakarta: Azkia.

Ascarya. 2013. Akad dan Produk Bank Syariah. Cet. IV, Edisi 1. Jakarta: Rajawali Pers.

F.Yopi,http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/45617/4/Chapter%20II.pdf. diakses 25 Oktober 2016.

Kasmir. 2010. Dasar-dasar Perbankan. Cet. VIII. Jakarta: Rajawali Pers.

______. 2011. Manajemen Perbankan .Cet. X. Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Muhammad Khairul Anam, Pengaruh Asset Liability Management terhadap Kinerja Bank Tahun 2004-2006 (Studi Komparatif pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Dan PT. Bank Mandiri, Tbk), Publikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2009, http://digilib.uin.suka.ac.id/3518/1/BAB%20I,%20V,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf, diakses 12 Oktober 2016.

Muhammad. 2011. Manajemen Bank Syariah. Cet. II, Edisi Revisi Kedua, Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Muthaher, Osmad. 2012. Akuntansi Perbankan Syariah. Cet. I. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Najmuddin. 2011. Manajemen Keuangan Aktualisasi Syar’iyyah Modern. Edisi I. Yogyakarta: ANDI.

Nuhayati, Sri dan Wasilah. 2012. Akuntansi Syariah di Indonesia. Edisi II Revisi, Jakarta: Salemba Empat.

Wiroso. 2011. Akuntansi Transaksi Syariah, Jakarta: Ikatan Akuntans Indonesia.

Yaya, Rizal dkk. 2014. Akuntansi Perbankan Syariah Teori dan Praktek Kontemperer Berdasarkan PAPSI. Edisi II. Jakarta: Salemba Empat.

Yustra Iwata Alsa, Pengaruh Kualitas Asset dan Liabilitas terhadap Kinerja Perbankan Syariah, Publikasi Universitas Dipenogori Semarang Tahun 2004, http://eprints.undip.ac.id/11636/1/2004MM3676.pdf, diakses 12 Oktober 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jms.v18i2.1924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Media Syari'ah



Media Syari'ah : Wahana Kajian Hukum Islam dan Pranata Sosial has been indexed by:

 

All papers published in Media Syari'ah : Wahana Kajian Hukum Islam dan Pranata Sosial are licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.