PENGEMBANGAN KARAKTER GURU DALAM MENGHADAPI DEMORALISASI SISWA PERSPEKTIF TEORI DRAMATURGI

Abd Hamid Wahid, Chusnul Muali, Kholifatur Rafikah Qodratillah

Abstract


This research means that teachers should help to prevent the decline of teenager’s characters, if we see from the increasing sophisticated era, education character is often eroded gradually. The teacher’s strategy to instill the character of student by interpolating the values of human behavior associated with God Almighty and humanity. The Division: (1) The hearts consisting of: Religious, honest, responsible, social care and environment care, (2) The thinking consists of: intelligent, creative, likes to read and curiosity, (3) The Body consists of: keep health of the body and the environment, (4) Exercise and initiative consists of: Caring and helping. From several of behavioral the teenager delinquency rate will decrease. Synchronized with the theory of dramaturgy, teacher is becoming an actor in the front stage area as a driving force and guide who not only transfers science but also character educators to be good generations of the nation. From back stage, teacher role as friends to be well received by students and exemplary.

Keywords


Character, Demoralisation, Dramaturgy Theory, Morals.

Full Text:

PDF

References


A, Doni Koesoema. (2009), Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger, Jakarta: PT Grasindo Anggota Ikapa.

Adisti , Aprilian Ria dalam jurnal Kajian Pendidikan Islam dengan judul Perpaduan Konsep Islam dengan Metode Montessori dalam Membangun Karakter Anak, Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Vol. 8, No. 1, Juni 2016: 61-88, DOI: 10.18326.

Al- qur’an surat: 1 juz: 1 Al-Baqarah ayat 30.

al-Bayhaqi dalam Syu’ab al-Îmân no. 7609

Amran, Ali dalam jurnal Hikmah dengan judul Peranan Agama dalam Perubahan Sosial Masyarakat, Vol. II, No. 01 Januari – Juni 2015.

Anam , Much Arif Saiful dalam jurnal Pendidikan Agama Islam dengan judul Lembaga Pendidikan Islam Sebagai Wahana Implementasi Pendidikan Anti Korupsi, Volume 3 Nomor 2 November 2015 ISSN: 2089-1946.

Anwar , Rosihon. (2010), Akhlak Tasawwuf, Bandung: CV Pustaka Setia.

Asmani, Jamal Ma’mur. (2012), Kiat Mengatasi Kenakalan Remaja Di Sekolah, Yogyakarta: Bukubiru.

Az-Zarnuji, (2009), Terjemah Ta’lim Muta’allim, Surabaya: Mutiara Ilmu.

Baharun, Hasan. “Pemikiran Pendidikan Perspektif Filsuf Muslim (Kajian Kritis Terhadap Pemikiran Muhammad Abduh Dan Muhammad Iqbal).†At-Turas 3, no. 1 (2016).

———. Pengembangan Kurikulum : Teori Dan Praktik (Konsep, Prinsip, Model, Pendekatan Dan Langkah-Langkah Pengembangan Kurikulum PAI). Yogyakarta: Cantrik Pustaka, 2017.

———. “Total Moral Quality: A New Approach for Character Education in Pesantren.†Ulumuna 21, no. 1 (2017): 57–80.

D, Siti Irene Astuti dalam jurnal Cakrawala Pendidikan dengan judul PendekatanHolistik dan Kontekstual dalam Mengatasi Krisis Karakter di Indonesia, Mei 2010, Th. XXIX.

Darmawati , Besse dan Zainuddin Hakim dalam jurnal sawegading judul Moralisasi Elokkelong dalam Sastra Bugis (The Moralization of “Elokkelong†in Buginese Literature), Volume 20 No. 3, Desember 2014.

Efendi , Anwar. dalam jurnal Cakrawala Pendidikan judul Pembelajaran Sastra Profetik Sebagai Media Pengembangan Karakter Siswa, Mei 2011, Th. XXX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY.

Farhan dalam jurnal at-turas dengan judul Bahasa Dakwah Struktural dan Kultural Da’i Dalam Perspektif Dramaturgi, IAI Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Vol. 1 No. 2, Juli-Desember 2014.

Fawaid , Achmad, dalam jurnal at-turas denga judul Sumbangsih Pendidikan Islam dalam Pembentukan Generasi Eksistensial (Rekonstruksi Pemikiran Mulla Sadra dan Jean P. Sartre), Vol. 3 No. 1 Januari-Juni 2016.

Fawaid , Ahmad dalam jurnal Karsa dengan judul Islam, Budaya Korupsi dan Good Governance, Vol. XVII No. 1 April 2010.

Gunawan , Heri. (2012), Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta.

Hasan , Hafidz, 1418, Terjemah Taisirul Kholaq (Bekal Berharga Untuk Menjadi Anak Yang Mulia), Surabaya: Al-Hidayah.

Hosaini , Ahmad dalam jurnal at-turast dengan judul Akulturasi Nilai dan Budaya dalam Sistem Pendidikan Pesantren, Vol. 3 No. 1 Januari-Juni 2016.

Judiani, Sri dalam jurnal Pendidikan dan Kebudayaan dengan judul Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum, Vol. 16, Edisi Khusus III, Oktober 2010.

Kokom, St Komariyah dalam jurnal Pendidikan Agama Islam – Ta’lim judul Model Pendidikan Nilai Moral Bagi Para Remaja Perspektif Islam, Vol. 9 No. 1 2011.

Komariah, Siti dalam jurnal Ilmu Pendidikan Islam dengan judul Model Pendidikan Nilai Moral Bagi Para Remaja Perspektif Islam, Ta’lim Vol 9 No.1- 2011.

Macionis, J. John,Society the Basic, eight edision, Jakarta: New Jersey, Upper Saddle River, 2006.

Maftuh , Bunyamin dalam jurnal Educationist dengan judul Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. II No. 2 Juli 2008.

Mastuhu, (2003), Menata Ulang Sistem Pendidikan Nasional dalam Abad 21, Yogyakarta: Satria Insania Press & Msi UII.

Maunah, Binti dalam jurnal Pendidikan Karakter dengan judul Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa, IAIN Tulungagung, Tahun V, Nomor 1, April 2015.

Muali , Chusnul dalam jurnal Islam Nusantara dengan judul Rasionalitas Konsepsi Budaya Nusantara dalam Menggagas Pendidikan Karakter Bangsa Multikultural, Volume.01 Nomor.01 Januari - Juni 2017.

Mulyani , Endang dalam jurnal Ekonomi dan Pendidikan dengan judul Model Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Dasar dan Menengah, Volume 8 Nomor 1, April 2011.

Mulyasa, (2011), Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara.

Muntahibun, Muhammad, (2011), Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras.

Najahah dalam jurnal Lentera (Kajian Keagamaan dan Keilmuan Teknologi) dengan judul Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Pendidikan Islam, E-ISSN : 2540-7767, 2015.

Nata , Abuddin. (2010), Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana.

Nata , Abuddin. (2003), Kapita Selekta Pendidikan Islam, Bandung: Angkasa.

Pantu, Ayuba, Buhari Luneto dalam jurnal Al-Ulum dengan judul Pendidikan Karakter dan Bahasa, Volume. 14 Nomor 1, Juni 2014.

Parmiti , Desak Putu dalam jurnal Seminar Nasional Pendidikan Dasar dengan judul Integrasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah, 2017.

Purwati , Eni Dkk, (2014), Pendidikan Karakter (Menjadi Berkarakter Muslim-Muslimah Indonesia), Surabaya: Kopertais IV Press.

Rosyada , Dede. (2004), Paradigma Pendidikan Demokratis, Jakarta: Prenada Media.

Santri Annuqoyyah latee, 2015, SKIA Syarat-Syarat Kecakapan Ibadah Amaliah, Sumenep: A Latee Press.

Siregar, Hari Indrawan dalam jurnal Handayani dengan judul Pendekatan Teori Dramaturgi dalam Komunikasi Guru Bimbingan Konseling di SMPN 1 Batangkuis, VOL 4 NO.1.2015.

Suhardi , Didik dalam jurna Pendidikan Karakter dengan judul Peran SMP Berbasis Pesantren sebagai Upaya penanaman Pendidikan Karakter kepada Generasi Bangsa, Direktur Pembinaan SMP Ditjen Dikdas Kemdikbud, Tahun II, Nomor 3, Oktober 2012.

Suhardi , Didik dalam jurnal Pendidikan Karakter dengan judul Peran SMP Berbasis PesantrenSebagai Upaya Penanaman Pendidikan Karakter Kepada Generasi Bangsa, Direktur Pembinaan SMP Ditjen Dikdas Kemdikbud, Tahun II, Nomor 3, Oktober 2012.

Suneki, Sri dan Haryono, dalam Jurnal Ilmiah CIVIS dengan judul Paradigma Teori Dramaturgi Terhadap Kehidupan Sosial, Volume II, No 2, Juli 2012.

Sutrisno, Muhyidin. (2012), Pendidikan slam Berbasisi Problem Sosial, Jogjakarta: Ar-Ruz Media.

Syah, Muhibbin. (2013), Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syam , Nur. (2010), Agama Pelacur, Yogyakarta: LKiS Group.

Tilaar , H.A.R. (2002), Pendidikan Kebudayaan dan Msyarakat Madani Indonesia: Strategi Reformasi Pendidikan Nasional, Bandung:Rosda.

Umar , Bukhari. (2010), Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah.

Wangid, Muhammad Nur dalam jurnal pendidikan yang berjudul Sistem Among Pada Masa Kini: Kajian Konsep dan Praktik Pendidikan, Yogyakarta: FIP UNY. Volume 39, Nomor 2, November 2009.

Wardani, Kristi dalam jurnal Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI dengan judul Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara, Bandung, Indonesia, 8-10 November 2010.

Widyaningtirum, Heny Kusuma Profesionalisme dan Etika Guru Sekolah Dasar dalam Menghadapi Dunia Pendidikan di Era Modern, IKIP PGRI MADIUN.

Zakaria , Gusman. (2017), 5 Pilar Revolusi Mental, Jakarta: PT Elex Media Kompotindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v8i1.2792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.