Reformulasi Kurikulum Dalam Peningkatan Kompetensi Lulusan Prodi PAI FTK UIN Ar-Raniry

Safrina Ariani, Elviana Elviana

Abstract


Advances in science and technology education foreshadowed today sejalandengan the development and progress of society. This is a challenge in improving the quality, relevance and effectiveness of education are significantly implicated in the school curriculum, not to mention the Islamic Religious Education Studies Program (PAI) in the Faculty of MT and Teaching LPTK Ar-Raniry UIN. One effort that can be done to meet these demands is to organize the curriculum reformulation planned, directed, and sustainable. Based on the researchers formulate research questions is how the match between the curriculum department of PAI with the competencies required by the user of graduates and the needs of the market? This research is a field, and in the elaboration using qualitative descriptive analysis. The data and information obtained from the field described qualitatively. Data collection techniques using triangulation technique that combines the results of (1) interviews with faculty experts in the field of curriculum PAI and stakeholders, (2) the results / response to a questionnaire given to users of alumni and alumni Prodi PAI and (3) study the documentation. Sampling using purposive sampling technique, namely sampling aims. Qualitative data analysis using a model of Miles and Huberman. The results obtained are: curriculum PAI comprehensive study program in accordance with the competence of graduates, ie core competencies is good only on competencies that support needs to be improved further; competence of graduates are in accordance with the needs of the market, but there is still a skill that needs to be improved as operate equipment technology, upgrading Arabic and English, deepening the practice of worship and entrepreneurship.

Abstrak
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi turut mewarnai dunia pendidikan dewasa ini sejalandengan perkembangan dan kemajuan masyarakat. Hal ini merupakan tantangan dalam peningkatan mutu, relevansi dan efektivitas pendidikan yang berimplikasi secara nyata pada kurikulum sekolah, tak terkecualiProgram Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) pada LPTK Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi tuntutan tersebut adalah dengan mengadakan reformulasi kurikulum secara terencana, terarah, dan berkesinambungan. Berdasarkan hal tersebut peneliti merumuskan pertanyaan penelitian yaitu bagaimana kesesuaian antara kurikulum prodi PAI dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh pengguna alumni dan kebutuhan pasar? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dan dalam penjabarannya menggunakan Analisis Deskriptif Kualitatif. Data dan informasi yang diperoleh dari lapangan dideskripsikan secara kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi yaitu memadukan hasil (1) wawancara dengan dosen ahli di bidang kurikulum PAI dan Stakeholder, (2) hasil/respon angket yang diberikan kepada Pengguna alumni dan alumni Prodi PAI dan (3) studi dokumentasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel bertujuan. Analisis data kualitatif meng-gunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: kurikulum prodi PAI secara komprehensif sesuai dengan kompetensi lulusan, yaitu kompetensi utama sudah baik hanya pada kompetensi pendukung yang perlu ditingkatkan lagi; kompetensi lulusan sudah sesuai dengan kebutuhan pasar, namun masih ada keterampilan yang perlu ditingkatkan seperti mengoperasikan peralatan teknologi, peningkatan kemampuan Bahasa Arab dan Inggris, pendalaman praktek ibadah dan entrepreneurship.

Kata Kunci: Kurikulum PAI, Kompetensi Lulusan

Keywords


Kurikulum PAI; Kompetensi Lulusan

Full Text:

PDF

References


Arief Furchan, dkk, 2005. Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Perguruan Tinggi Agama Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dakir, 2004.Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Rineka Cipta.

David B. Guralnik (ed.), 1972. Webster’s New World Dictionary, 2nd College Edition, Toronto, Canada: Nelson, Foster and Scott Ltd.

Dedi Mulyana, 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif ,Bandung : Remaja Rosdakaya.

DIKTI, Buku 2: Kurikulum Program Studi, h. 8 – 9. http://akademik.dikti.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=124:buku-kurikulum-berbasis-kompetensi&catid=57:buku-buku&Itemid=113, diakses tanggal 19 03 2013.

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan DITJEN DIKTI KEMDIKBUT, 2012.Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi, Jakarta: DIKTI.

E. Mulyasa, 2005. Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK, Bandung : Remaja Rosdakarya.

______, 2006.Kurikulum yang Disempurnakan; Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Bandung: Rosdakarya.

Iskandar, 2009.Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif), Jakarta ; Gaung Persada Press.

Muhaimin, 2005.Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktek , Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004

Oemar Hamalik, 2008, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosadakarya.

S. Nasution,2006. Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Subandijah, 1993.Pengembangan dan Inovasi Kurikulum, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiono, 2009, Metode penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Tim Revisi, Buku Panduan Program S-1 dan D-3 IAIN Ar-Raniry Tahun Akademik 2011/2011, 2011, Banda Aceh : IAIN Ar-Raniry.

Wina Sanjaya, 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v4i2.292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam



 This journal has been indexed by:

CopernicusGoogle ScholarSinta 3DOAJMorarefGarudaCrossRef BASE

 JURNAL MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .
except where otherwise noted.