Reformulasi Kurikulum Dalam Peningkatan Kompetensi Lulusan Prodi PAI FTK UIN Ar-Raniry
Abstract
Abstrak
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi turut mewarnai dunia pendidikan dewasa ini sejalandengan perkembangan dan kemajuan masyarakat. Hal ini merupakan tantangan dalam peningkatan mutu, relevansi dan efektivitas pendidikan yang berimplikasi secara nyata pada kurikulum sekolah, tak terkecualiProgram Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) pada LPTK Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi tuntutan tersebut adalah dengan mengadakan reformulasi kurikulum secara terencana, terarah, dan berkesinambungan. Berdasarkan hal tersebut peneliti merumuskan pertanyaan penelitian yaitu bagaimana kesesuaian antara kurikulum prodi PAI dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh pengguna alumni dan kebutuhan pasar? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dan dalam penjabarannya menggunakan Analisis Deskriptif Kualitatif. Data dan informasi yang diperoleh dari lapangan dideskripsikan secara kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi yaitu memadukan hasil (1) wawancara dengan dosen ahli di bidang kurikulum PAI dan Stakeholder, (2) hasil/respon angket yang diberikan kepada Pengguna alumni dan alumni Prodi PAI dan (3) studi dokumentasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel bertujuan. Analisis data kualitatif meng-gunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: kurikulum prodi PAI secara komprehensif sesuai dengan kompetensi lulusan, yaitu kompetensi utama sudah baik hanya pada kompetensi pendukung yang perlu ditingkatkan lagi; kompetensi lulusan sudah sesuai dengan kebutuhan pasar, namun masih ada keterampilan yang perlu ditingkatkan seperti mengoperasikan peralatan teknologi, peningkatan kemampuan Bahasa Arab dan Inggris, pendalaman praktek ibadah dan entrepreneurship.
Kata Kunci: Kurikulum PAI, Kompetensi Lulusan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arief Furchan, dkk, 2005. Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Perguruan Tinggi Agama Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dakir, 2004.Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Rineka Cipta.
David B. Guralnik (ed.), 1972. Webster’s New World Dictionary, 2nd College Edition, Toronto, Canada: Nelson, Foster and Scott Ltd.
Dedi Mulyana, 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif ,Bandung : Remaja Rosdakaya.
DIKTI, Buku 2: Kurikulum Program Studi, h. 8 – 9. http://akademik.dikti.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=124:buku-kurikulum-berbasis-kompetensi&catid=57:buku-buku&Itemid=113, diakses tanggal 19 03 2013.
Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan DITJEN DIKTI KEMDIKBUT, 2012.Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi, Jakarta: DIKTI.
E. Mulyasa, 2005. Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK, Bandung : Remaja Rosdakarya.
______, 2006.Kurikulum yang Disempurnakan; Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Bandung: Rosdakarya.
Iskandar, 2009.Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif), Jakarta ; Gaung Persada Press.
Muhaimin, 2005.Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktek , Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004
Oemar Hamalik, 2008, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosadakarya.
S. Nasution,2006. Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: Bumi Aksara.
Subandijah, 1993.Pengembangan dan Inovasi Kurikulum, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiono, 2009, Metode penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Tim Revisi, Buku Panduan Program S-1 dan D-3 IAIN Ar-Raniry Tahun Akademik 2011/2011, 2011, Banda Aceh : IAIN Ar-Raniry.
Wina Sanjaya, 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v4i2.292
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam
This journal has been indexed by:
except where otherwise noted.