FILSAFAT HUKUM IBNU SINA DAN PERLUASAN PEMIKIRAN PLATO

FANNY TASYFIA MAHDY

Abstract


Geliat pengetahuan telah membawa dan mendorong para penuntut ilmu untuk senantiasa berpikir dan terus mengkaji limpahan kekayaan anugerah Tuhan. Berkat pengetahuan, maka lahirlah tokoh-tokoh yang menghiasi khazanah ilmu pengetahuan, berangsur-angsur menciptakan roda pendidikan di dunia. Aben Avicenna, adalah salah seorang pemikir yang tampil ke muka dunia. Wujud ilmu pengetahuan yang ia hasilkan juga tak lepas dari pandangan dan pengetahuan generasi sebelumnya, pemikiran rasional murni dan tradisi intelektual Hellenisme yang ia warisi dan lebih jauh lagi dalam sistem keagamaan Islam. Jiwa, adalah salah satu topik yang dibahas oleh Ibnu Sina, dimana jiwa manusia merupakan rahasia Tuhan yang terdapat pada hamba-Nya dan menjadi kebesaran Tuhan pada makhluk-makhluk-Nya serta teka-teki kemanusiaan yang belum dapat dipecahkan dan barangkali tidak akan bisa dipecahkan dengan memuaskan. Memang jiwa menjadi sumber pengetahuan bermacam-macam dan tidak terbatas, tetapi belum lagi diketahui hakikatnya dengan segala keyakinan. Juga jiwa menjadi sumber pikiran-pikiran yang jelas, namun sebagian besar pikiran-pikiran tentang jiwa diliputi oleh kegelapan dan kerahasiaan, meskipun manusia sejak masa pertamanya sampai sekarang ini masih selalu berusaha dan menyelediki apa hakikatnya jiwa serta pertaliannya dengan badan.

Keywords


filsafat, hukum, pemikiran plato

Full Text:

PDF

References


Ahmad Hanafi, Pengantar Filsafat Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 1996)

Dedy Sumardi, "Islam, Pluralisme Hukum dan Refleksi Masyarakat Homogen." Jurnal Asy-Syir’ah, 50.2 (2016): 481-504.

Dedy Sumardi, "Hudûd Dan HAM: Artikulasi Penggolongan Hudûd Abdullahi Ahmed An-Na’im." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 35.2 (2011).

H.A. Mustofa, Filsafat Islam (Untuk Fakultas Tarbiyah, Dakwah, dan Ushuluddin Komponen MKDK), (Bandung: CV. PUSTAKA SETIA, 1999)

M.M. Syarif (ed), The Philosophers (History of Moslem Philosophy, (Bandung: Mizan, 1996)

Muhsin Labib, Para Filosof (Sebelum dan Sesudah Mulla Shadra), (Jakarta: Penerbit Al-Huda, 2005)

Muhammad Siddiq Armia, "Studi Epistemologi Perundang-Undangan." (2011).

Muhammad Siddiq Tgk. Armia, Perkembangan Pemikiran Teori Ilmu Hukum. Pradnya Paramita, 2009.

Sirajuddin, Filsafat Islam (Filosof dan Filsafatnya), (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2007)




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/petita.v2i2.2317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Welcome to PETITA: Jurnal Kajian Ilmu Hukum dan Syariah open journal system. Thank you very much for visiting. We are looking forward to getting your articles

 

INDEXED BY

                                                                             

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter