Peran Majelis Sulh dalam Penyelesaian Hak Hadhanah Pasca Perceraian (Studi Kasus di Mahkamah Syariah Kabupaten Tawau, Provinsi Sabah, Negara Malaysia)

Tarmizi M.Jakfar, Nur Azizah Fayyadhah Binti Baharuddin Nur Azizah Fayyadhah Binti Baharuddin

Abstract


Pengamalan Sulh di dalam Islam telah berlaku pada zaman awal kedatangan Islam hingga ke zaman para sahabat dan juga para tabi'in lagi yang mana telah memberikan banyak manfaat dan faedah kepada perkembangan masyarakat umat Islam pada masa itu. Artikel ini fokus pada kajian peran majelis sulh dalam penyelesaian hak hadhanah pasca perceraian studi kasus di Mahkamah Syariah Kabupaten Tawau, Provinsi Sabah, Negara Malaysia. Penelitian ini merupakan riset lapangan dengan menggunakan pendekatatan yuridis normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Majelis Sulh membantu dan membimbing pihak-pihak berkonflik untuk berbincang, berunding dan mencari persetujuan bersama untuk mencapai penyelesaian, majelis Sulh di Mahkamah Syari'ah ternyata sangat efektif dalam penyelesaian kasus hak hadhanah berdasarkan statistik yang dicatatkan dari tahun 2011 - 2015, majelis Sulh menetapkan tujuh teknik yang wajib diikuti dalam pelaksanaan Sulh, ternyata teknik ini berjaya menyelesaikan kasus yang di daftarkan, masyarakat masih kurang informasi tentang Majelis Sulh. Melalui penyebaran angket dan wawancara, mayarotis masyarakat tidak tahu tentang Majelis Sulh.

Keywords


Peran, Majelis Sulh, hak hadhanah, Perceraian

Full Text:

PDF

References


Abdur Rahman Ghozali, Fikh Munakahat (Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2010).

Adzidah Yaakob, Mohamad Zaharuddin Zakaria, Asmidah Ahmad, Kamilah Wati Mohd, Mustafa ‘Afifi Ab Halim, Pengenalan dan Keberkesanan Sulh di Mahkamah Syariah, (Malaysia : Percetakan Mesbah sdn. Bhd, cet 1. 2016).

Ahmad Rofiq, Hukum Islam di Indonesia, cet. 6 (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2003).

Akta Undang-undang Keluarga Islam (Wilayah-Wilayah Persekutuan) 1984 (Akta 303) (Malaysia: International Law Book Services, 2014).

Amir Syarifuddin, Hukum Perkahwinan Islam Di Indonesia, Antara Fiqh Munakahat dan Undang-Undang perkahwinan, cet. 11 (Jakarta : Prenada Media, 2006).

Boedi Abdullah, Beni Ahmad Saebani, Perkahwinan dan Perceraian keluargaMuslim, (Bandung : CV Pustaka Setia, 2013).

Mahmud Yunus, kamus Arab Indonesia (Jakarta: Mahmud Yunus WaZuriyag, 2010).

Mohd Fuad Mohd Salleh dan Jamilah Othman, Peran Pegawai Sulh Dalam Menyelesaikan Konflik Dalam Mahkamah Syariah di Selangor (Malaysia Januari 2007).

Muhammad Nasiruddin al-Albani, Shahih Sunan Abu Daud terj. Fachrrazi (Jakarta : Pustaka Azzam, 2006).

Mustofa Al-Khin, Mustofa Al-Bugho dan Ali Asy-Syarbaji, Kitab Fiqh Mazhab Syafie, Jilid 6.

Muhammad bin Ismail al- Amir ash-Shan’ani, Subulussalam asy-Syarh al-Bulughu al-Marami, Jilid III, cet. 6, terj. Ali Nur Medan, Darwis (Jakarta Timur : Darus Sunnah Press, 2012).

Nora Abdul Hak, Sulh Dan Hakam Dalam Penyelesaian Keluarga, (Kuala Lumpur : Dewan Bahasa Dan Pustaka, Cet. Pertama 2007)

Nurnaningsih Amriani, Mediasi Alternatif Penyelesaian Sengketa Perdata di Pengadilan, (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, cet. Ke 2, 2012)

Najibah Mohd Zin, Undang-undang Keluarga (Islam) (Siri Perkembangan Undang-undang di Malaysia, Jilid 14, 2007.

Raihanah Azahari, Sulh Dalam Kes keluargaan Islam, (Kuala Lumpur: Universiti Malaya, 2008).

Siti Noraini Binti Haji Mohd Ali dan Zulkifli Hasan, Perlaksanaan Sulh dan Keberkesanannya di Mahkamah Syariah Selangor. Diakses pada 25 April 2017 dari situs: https://zulkiflihasan. files.wordpress.com/2008/07/sulh-di-mahkamah- syariah. pdf

Soerjono Soekanto, Pengantar Penelitian Hukum, (Jakarta cet. 2014. Universitas Indonesia).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet.21, (Bandung : 2014).

Suzana Ghazali, Buatmu Wanita : Sebagai Anak Isteri-Ketahui Hakmu, Buku Prima Sdn. Bhd. Selangor Darul Ehsan).

Syahrizal Abbas, Mediasi dalam Hukum Syariah, Hukum Adat dan Hukum Nasional, (Indonesia: Kencana prenada Media Group, 2011).

Wahbah Az-Zuhaili, Fikih Islam Wa Adillatuhu (Jaminan, Pengalihan Utang, Gadai Paksaan, Kepemilikan), Jilid 6 (Kuala Lumpur : Darul Fikir Kuala Lumpur, 2011).

Wahbah az-Zuhaily, Fiqh al-Imami asy-Syafi’I terj. Muhammad Afifi Abdul Aziz, (Jakarta Timur : Al-Mahira, 2010).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/sjhk.v2i1.3112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Tarmizi M.Jakfar, Nur Azizah Fayyadhah Binti Baharuddin Nur Azizah Fayyadhah Binti Baharuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Samarah: Jurnal Hukum Keluarga dan Hukum Islam has been indexed by:

Samarah: Jurnal Hukum Keluarga dan Hukum Islam
P-ISSN 2549-3132
E-ISSN 2549-3167