Model Pendidikan Qur'ani dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional

Yunita Furi Aristyasari, Chusnul Azhar

Abstract


The purpose of this study is to explore the educational model from the Quranic perspective and its implications for emotional intelligence development. This research will continue by looking at the Qur'an from a normative and historical perspective in order to create a model of education through the Qur'an. Content analysis was employed as the analytical technique, with the data sources being the Qur'an text and the Tafsir of the Ministry of Religion, as well as secondary data sources from diverse relevant publications. The Quranic education approach begins with the purpose of forming a perfect human. This goal already included those with emotional intelligence based on the Bakaran Adz-Dzakiey theory's indicators.The interpretation of the Qur'an text reveals that the approach is the merger of SCL and TCL, which is then disclosed in the ways of lectures, stories, examples, case studies, discussions, assignments, and rihlah. Through guidance, satire, reprimand, and praise, the Quranic education paradigm calls for improvements in the teaching and learning process. This paradigm was chosen because it is used by exemplary figures in the Qur'an with great emotional intelligence

 

Diawali dari pembelajaran online di masa pandemi yang membawa dampak besar terhadap segala aspek, khususnya sisi emosional peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk menggali model pendidikan perspektif al-Qur’an dan implikasinya terhadap pengembangan kecerdasan emosional. penelitian ini berlanjut dengan menggali al-Qur’an secara normatif dan historis untuk menemukan model pendidikan melalui kerangka teori ciri model pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis konten dengan sumber data teks al-Qur’an dan Tafsir Kementerian Agama didukung sumber data sekunder dari berbagai literatur yang relevan. Hasil menunjukkan bahwa Model pendidikan Qur’ani dimulai dari penetapan tujuan untuk membentuk insan kamil (insan paripurna). Dalam tujuan tersebut sudah terkandung insan yang memiliki kecerdasan emosional dengan indikator yang dikemukakan oleh Bakaran Adz-Dzakiey . Hasil pemahaman dari teks al-Qur’an menunjukkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan integrasi SCL dan TCL yang kemudian diturunkan dalam metode ceramah, kisah, keteladanan, studi kasus, diskusi, penugasan, dan rihlah. Model pendidikan Qur’ani menghendaki adanya perbaikan dalam proses belajar mengajar melalui nasihat, sindiran, teguran, dan pujian. Pemilihan rangkaian model tersebut adalah karena model tersebut diterapkan oleh figur-figur teladan yang Allah kisahkan dalam al-Qur’an, seperti para-Nabi dan Rasul, orang-orang salih sehingga menghasilkan generasi-generasi yang memiliki kemampuan atau kecerdasan emosional yang tinggi


Keywords


Pendidikan Qur’ani; Model Pendidikan; Model Pendidikan perspektif al-Qur’an; Kecerdasan Emosional

Full Text:

PDF

References


Arif, Solehan. “MANUSIA DAN AGAMA.” Islamuna: Jurnal Studi Islam 2, no. 2 (December 5, 2015): 149–66.

https://doi.org/10.19105/islamuna.v2i2.659.

Arisanti, Kustiana. “SEJARAH YANG TERLUPAKAN: KHAZANAH TOKOH ISLAM ABAD PERTENGAHAN.” Fenomena 16, no. 1 (2018).

Arnikawati, Arnikawati, I. Ketut Dharsana, and Kadek Suranata. “Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik Dengan Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII A2 SMP Negeri 4 Singaraja.” Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha 2, no. 1 (2014).

Astamal, Rio. “Baca Al-Quran Online Terjemahan dan Tafsir Bahasa Indonesia.” Accessed August 7, 2021. https://quranweb.id/.

Darmansyah. “Model-Model Pembelajaran Inovatif.” Universitas Negeri Padang, August 20, 2021.

Dzulhadi, Qosim Nursheha. “Islam Sebagai Agama Dan Peradaban.” TSAQAFAH 11, no. 1 (2015): 151–68.

Faisal, Muhammad. “Manajemen Pendidikan Moderasi Beragama Di Era Digital.” In ICRHD: Journal of Internantional Conference on Religion, Humanity and Development, 1:195–202, 2020.

Fitriani, Listiya. “Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak.” Lentera 17, no. 1 (2015).

Goleman, Daniel. Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. Random House Publishing Group, 2012.

Hamdan, Stephani Raihana. “KECERDASAN EMOSIONAL DALAM AL-QUR’AN.” Schema: Journal of Psychological Research, no. 0 (May 19, 2017): 35–45. https://doi.org/10.29313/schema.v0i0.1807.

Haryanti, Tri, Wahyuni Nadar, and Ahmad Syaikhu. “Problematika Kecerdasan Emosional Anak Di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Pada Anak Usia 4 Tahun.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 113–20, 2020.

Herawaty, Dewi. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Partisipasi Guru Dalam Forum Ilmiah, Keyakinan Diri (Self Efficacy), Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Matematika.” Jurnal Review Pembelajaran Matematika 1, no. 1 (July 27, 2016): 71–85. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.1.71-85.

Idris, Muhammad Ahnu. “UPAYA MENCIPATAKAN MEDIA MASSA DAKWAH (Sebuah Kajian Teoantroposentris).” Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman 4, no. 2 (December 10, 2018): 134–50. https://doi.org/10.36420/ju.v4i2.3499.

Iqbal, Abu Muhammad. Pemikiran Pendidikan Islam. 1st ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Ismail, Roni. “HAKIKAT MONOTEISME ISLAM (KAJIAN ATAS KONSEP TAUHID ‘LAA ILAAHA ILLALLAH’).” RELIGI JURNAL STUDI AGAMA-AGAMA 10, no. 2 (August 14, 2016): 172. https://doi.org/10.14421/rejusta.2014.1002-03.

Izzan, Ahmad, and Saehudin. Tafsir Pendidikan: Studi Ayat-Ayat Berdimensi Pendidikan. 1st ed. Banten: Pustaka Aufa Media, 2012.

Jalaluddin. Psikologi Pendidikan Islam. 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018.

Junaedi, Mahfud. Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam. Kencana, 2017.

K.G. Saiyidain. Iqbal’s Educational Philosophy. Translated by M.I. Soeleman. Bandung: Diponegoro, 1981.

Maula, Fafika Hikmatul. “Model Pendidikan Karakter Qur’ani Di Raudhatul Athfal Labschool Iiq Jakarta.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (2020): 174–89.

Mulyatiningsih, Endang. “Analisis Model-Model Pendidikan Karakter Untuk Usia Anak-Anak, Remaja Dan Dewasa.” Yogyakarta: UNY, Dari Http://Staff. Uny. Ac. Id/Sites/Default/Files/Penelitian/Dra-Endang-Mulyatiningsih,-M. Pd./13B_Analisis-Model-Pendidikan-Karakter. Pdf, Diakses Pada 8 (2011).

Nata, Abuddin. Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. Prenada Media, 2016.

———. Pendidikan Islan Di Era Milenial. Prenada Media, 2020.

Noor, Fu’ad Arif. “PENDEKATAN INTEGRATIF DALAM STUDI ISLAM.” Islamuna: Jurnal Studi Islam 5, no. 1 (July 1, 2018). https://doi.org/10.19105/islamuna.v5i1.1904.

Pajarianto, Hadi, and Natsir Mahmud. “Model Pendidikan Dalam Keluarga Berbasis Multireligius.” Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 22, no. 2 (2019): 254–66.

pengelola web kemdikbud. “Peningkatan Literasi Media Dan Pemikiran Kritis SDM Pendidikan Tinggi Melalui Program ‘Tular Nalar.’” Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, January 5, 2021. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/01/peningkatan-literasi-media-dan-pemikiran-kritis-sdm-pendidikan-tinggi-melalui-program-tular-nalar.

Richardson, Robin. “Teaching Religion, Teaching Truth: Theoretical and Empirical Perspectives.” British Journal of Religious Education 35, no. 3 (September 1, 2013): 354–56. https://doi.org/10.1080/01416200.2013.817098.

Roqib, Moh. “PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF PROFETIK.” Jurnal Pendidikan Karakter 0, no. 3 (2013). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.2747.

Saifuddin, Mohammad Alif, and Elya Umi Hanik. “Pembelajaran Daring Pemicu Degradasi Moral Pendidikan Di Era Pandemi Covid 19.” Al Hikmah: Journal of Education 1, no. 2 (December 27, 2020): 193–200. https://doi.org/10.1234/ahje.v1i2.24.

Siswanto, Siswanto, and Yuli Anisyah. “Revitalisasi Nilai-Nilai Qur’ani Dalam Pendidikan Islam Era Revolusi Industri 4.0.” Islamuna: Jurnal Studi Islam 5, no. 2 (2019): 139–46.

Sutarman. PENDIDIKAN KECERDASAN HOLISTIK UNTUK MENCAPAI PUNCAK SUKSES: Internalisasi Nilai-nilai SQ , EQ , AQ , & IQ (Berbasis Pendidikan Islam). Yogyakarta: UAD PRESS, 2020.

Sutiah. PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2020.

Yaqin, Ainul. Pendidikan Akhlak/Moral Berbasis Teori Kognitif - Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada, 2021.

Zohar, Danah. Spiritual Intelligence: The Ultimate Intelligence. Bloomsbury Publishing, 2012.

Zuhri, Ahmad Minan. HUKUMAN DALAM PENDIDIKAN KONSEP ABDULLAH NASIH ‘ULWAN DAN B.F. SKINNER. Ahlimedia Book, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jie.v5i1.10721

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Welcome to DAYAH: Journal of Islamic Education open journal system. Thank you very much for visiting. We are looking forward to getting your articles

 

DAYAH: Journal of Islamic Education

WebAnalytics

All works are licensed under CC BY-SA

© DAYAH: Journal of Islamic Education 2019. Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with Master's Degree of the Department of Islamic Education, Postgraduate Program of Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

Free counters!

Indexed by:

            

               

          

                 

Supported by