Implementasi Kurikulum Full Day School Dalam Membentuk Karakter Siswa di MI Plus Al-Azhar Kabupaten Blitar

Nur Rohmatun, Marno Marno

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena peneliti menemukan permasalahan yang terjadi dalam implementasi kurikulum full day school di MI Plus Al-Azhar Blitar dimana karakter siswa masih rendah. Peneliti tertarik untuk melihat penerapan kurikulum full day school, mendeskripsikan permasalahan atau kendala yang terjadi dan menawarkan solusinya. Jenis penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan dilakukan di lapangan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Implementasi kurikulum full day school dalam membentuk karakter siswa di MI Plus Al-Azhar Blitar diimplementasikan dengan beberapa cara yaitu pembiasaan sholat berjamaah, Kultum setelah sholat dzuhur berjamaah , program tahfid dan usmani termasuk dalam pelajaran sekolah, pemberian amanat dari guru kepada siswa di akhir jam sekolah, kontrol oleh kepala sekolah, dan adanya kegiatan ekstrakurikuler; (2) Permasalahan yang terjadi dalam penerapan kurikulum full day school dalam membentuk karakter siswa di MI Plus Al-Azhar Blitar adalah kurangnya adab siswa khususnya kelas 6 yaitu tidak menghormati guru dan suka berbicara kotor. . Penyebab permasalahan tersebut dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal; (3) Solusi dari permasalahan yang terjadi dalam implementasi kurikulum full day school dalam membentuk karakter siswa di MI Plus Al-Azhar Blitar adalah keteladanan guru, penanaman akhlak, pemberian nasehat oleh guru, penekanan pada masa awal jam, dan tindak lanjut dari konselor bimbingan di sekolah.


Keywords


kurikulum; full day school; karakter

Full Text:

PDF PDF

References


Acarya, D. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Untuk Menembus Portal Revolusi Industri 4.0. Nilacakra.

Blazevic, I. (2016). Peer and School Influence on Children’s Social Development. World Journal of Education, 6, 46.

Didipu, I. (2020). Pentingnya Pendidikan. CV. Athra Samudra.

Dkk, P. S. (2021). Eksistensi Guru. Gerhana Media Kreasi.

Hamid, I. (2020). Cegah Degadrasi Moral dengan Bimbingan Kesalehan Sosial. Utama, CV. Haura.

Hayati, M. (2020). Implementasi Model Full Day School Dalam Membentuk Karakter Dan Kedisiplinan Siswa Di Sd Aisyiyah 1 Mataram. Ibtida’iy : Jurnal Prodi PGMI, 5(1), 1–7.

Kebudayaan, D. P. D. (1997). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Kompas.com. (n.d.). https://megapolitan.kompas.com/read/2022/10/14/19401591/polisi-tangkap-10-pelaku-tawuran-di-ciputat-yang-sebabkan-seorang-ibu?page=all

Kurniawan, Y. (2020). Peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa madrasah tsanawiyah. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 146.

Mumtaz, N. M. (2020). Guru Ideal (N. H. Solihah (Ed.)). Publica Institute Jakarta.

Sukiyat. (2020). Strategi Implementasi Pendidikan Karakter. Jakad Media Publishing.

Supardi, B. (2020). Transformasi Religiusitas Model Full Day School. Guepedia.

Suparman, T. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. CV. Samu Untung.

Sutiah. (2019). Pengembangan Pembelajaran Hybrid Learning: Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Ulul Albab. Nizamia Learning Center.

Yayasan Lentera Anak. (n.d.). https://www.lenteraanak.org/content/berita_terkini/hari_anak_nasional_regulasi_pemerintah_untuk_menekan_jumlah_perokok_anak_dinilai_masih_kurang

Yuwono, T. H. (2017). Full Day School: Realisasi Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pigur, 01(01), 73–83.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jie.v7i1.19115

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Welcome to DAYAH: Journal of Islamic Education open journal system. Thank you very much for visiting. We are looking forward to getting your articles

 

DAYAH: Journal of Islamic Education

WebAnalytics

All works are licensed under CC BY-SA

© DAYAH: Journal of Islamic Education 2019. Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with Master's Degree of the Department of Islamic Education, Postgraduate Program of Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

Free counters!

Indexed by:

            

               

          

                 

Supported by