Pengamalan Adab Guru dan Murid dalam Kitab Khulq 'Azim di Dayah Darussa'adah Cabang Faradis Kecamatan Patee Raja Kabupaten Pidie Jaya
Abstract
Keywords
Full Text:
Download PDFReferences
Abd al’-‘Alā, Hasan Ibrahim. Fann al-Ta’līm ‘inda ibn Jamā’ah. Riyad: Maktabah al-Tarbiyah li-Duwal al- Khalij, 1985.
Aeni, Ani Nur. Pendidikan Karakter Untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar: Volume 1, 50-58.
al-Ahwani, Ahmad Fu`ad. Al-Tarbiyah al-Islamiyah aw al-Ta’lim fi Ra`y al-Qabisi. Cairo : Dar Ihya` al-Kutub al-‘Arabiyah, 1955.
Al-Anṣāri, Zakaria. Syarqawi ‘ala al-Tahrīr. Juz I. Surabaya: Hidayah, t.t.
al-Arif, Ahmad Adif. Bahasa Arab untuk MTs Kelas VII. Semarang: Aneka Ilmu, 2008.
al-Aṣfahanī, Al-Raghīb. Mu’jam Mufradāt al-Faẓ al-Qur’ān, Dārul-Kātib al-‘Arabī, t.t.
al-Bājūrī, Ibrahim. Hāsyiah Al-Bājuri. Syirkah Al-Nur, t.t.
Al-Ghazali. Ihyā’ ‘Ulūmuddīn I. Indonesia: Al-Haramain, t.t
Al-Mawardi. Adāb al-duniā wal-dīn. Cairo: Musthafa al-Babi al-Halabi, 1991.
Al-Musnad. (2/381 al-Bukhari dalam al-Adabul Mufrad ,no. 273) dan at-Tarikhul Kabir 7/188.
al-Qabisi, Abu Hasan Ali. Risālatul Mufashshilah Li Ahwal al-Muta’allimina Wa Ahkam al-Mu’allimin Wa al-Muta’allimin. Tunisia: Syarkah Tunisia Lit Tauzi’, 1986.
al-Yaman. Husein Mansur billah. Adab al-Ulama wal Mutaalimin., t.t.
al-Yamani, Imam al-Husain bin al-Manṣūr. Adābu al-'Ulamā' wal Muta'allimīn. Karya naskah digital, dari situs Al-Warraq (http://www.alwarraq.com). Dari: Al Maktabah Al Syāmilah, version 3.32 updated.
Al-Zarnuji. Ta’līm Muta’allim. Cet.1. Indonesia: al-Haramain Jaya, 2006.
An-Nahlawi, Abdurrahman. Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam. Bandung: Diponegoro, 1992.
Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1993.
As-Siddiqi, Hasbi. Tafsir Al-Bayān. Juz II . Yoyakarta: Al-Ma’arif, 1966.
Asy’ari, Hasyim . Adāb al -Ālim wal Muta’alim. Jombang: Maktabah Al Turas Al Islam, t.t.
At-Thabrani, Ahmad Yusam. Jurnal Pendidikan Islam, Vol 2 Nomor 02 November 2013, 304-318 dikutip dari buku Abd Jawad Khalaf,al-Qadhi Badruddin Ibn Jamā’ah hayātuhu wa atsaruhu. Pakistan: Jami’ah al-Dirasah al-Islamiyah, 1988.
Az-Zarnuji, Burhanuddin. Ta’līmul Muta’allim.TKP: Al-Haramain Jaya, 2006.
Bahreisj, Husen. Hadits Shohih Bukhari Muslim. Surabaya: Karya Utama, t.t.
Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Ehsanuddin. Etika Guru Menurut Ibn Jamā’ah Dan Relevansinya Dengan Kompetensi Guru. Tesis,Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2011.
Elmubarok, Zaim. Membumikan Pendidikan Nilai, Mengumpulkan yang terserak, Menyambung ynag terputus, dan menyatukan yang tercerai. Bandung: Alfabeta, 2008.
Gade, Syahbuddin. Kode Etik Pendidik Menurut Ibnu Jamā’ah. Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Aceh ISSN: 1693 – 7775, Jurnal Pencerahan Volume 9, Nomor 1, (Maret) 2015.
http://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar/article/download/863/598(diakses 1 April 2014.
http://kbbi.web.id/adab. Kamus Besar Bahasa Indonesia On Line. diakses tanggal 8 Februari 2017.
http://kbbi.web.id/amaltanggal 17 Pebruari 2017
http://kbbi.web.id/murid tanggal 17 Pebruari 2017
http://www.referensimakalah.com/2012/08/pengertian-dan-tujuan-kajian pustaka.html diunduh tanggal 30 September 2013 jam 20.27 WIB
https://id.wikipedia.org/wiki/Dayah
Jalaluddin. Tafsir Jalalain. Juz I. Bandung : Syirkah Maarif, t.t.
Langulung, Hasan. Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: al-Husna, 2000.
Lickona, Thomas. Pendidikan Karakter: Panduan lengkap Mendidik siswa Menjadi Pintar dan Baik. terj. Lita S. Bandung: Nusa Media, 2013.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Muhaimin. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
Mujiburrahman. Kontribusi Guru PAI dalam Pembinaan Etika Berpakaian Islami Siswa SMAN Kota Sabang. PPs UIN Ar-Raniry Banda Aceh: Jurnal Ilmiah Islam Futura Volume 14 No.2, Februari 2015.
Munir, Abdullah . Spiritual Teaching, Pustaka Insani Madani, Yogyakarta, Cet-III, 2007.
Mursyi, Muhammad Munir. al-Tarbiyah al-Islāmiyah: Ushūluhā wa Tathawwuruhā fī al-Bilād al- ‘Arabiyyah. Cairo: Alam al-Kutub, 1977.
Muslim, Imam. Soheh Muslim. Juz 2. Bairut: Dāral Filar, 1993.
Nata, Abudin. Perspektif Islam Tentang Pola Hubungan Guru-Murid: Studi Pemikiran Tasawuf Al-Ghazali. Jakarta: Raj, t.t.
Pimay, Awaludin. Konsep Pendidik Dalam Islam (Studi Komparasi Pandangan Al-Ghozali Dan Al-Zarnuji). Tesis PPS IAIN Walisongo Semarang, Semarang: Perpustakaan PascaSarjana IAIN Walisongo, 1999.
Ramayulis & Samsul Nizar. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2010.
Ridwan. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta, 2009.
Sou’yb, Yoesoef. Pemikiran Islam Merombak Dunia. Jakarta : Madju, 1984.
Sulhan & Mohammad Muchlis Solichin. Etika Peserta Didik Dalam Pembelajaran Perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam Telaah Kitab Adāb Al-‘Alim Wa Al-Muta’allim. Tadris: Volume 8, Nomor 2, Desember 2013.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Dalam Perspekrif Islam. Bandung : Rosdakarya,1994.
Ulwan, Nasih. Pendidikan Anak Dalam Islam. terj. Jamaluddin Miri. Jakarta: Pustaka Amani, 2002.
------------------. Para Ulama Aceh, Jam’u Jawāmi’ul Muṣannifāt. Semarang: Mutiara Usaha Jaya, t.t.
Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2000.
Yunus, Mahmud. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: PT. Hidakarya Agung, t.t.
Zahruddin & Hasanuddin Sinaga. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jie.v1i1.2794
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Welcome to DAYAH: Journal of Islamic Education open journal system. Thank you very much for visiting. We are looking forward to getting your articles
DAYAH: Journal of Islamic Education
All works are licensed under CC BY-SA
© DAYAH: Journal of Islamic Education 2019. Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with Master's Degree of the Department of Islamic Education, Postgraduate Program of Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.
Indexed by:
Supported by: