PARTISIPASI KARWAYAN/TENAGA PENGAJAR DALAM PENINGKATAN KUALITAS KERJA FAKULTAS TARBIYAH IAIN AR-RANIRY DARUSSALAM BANDA ACEH

Penulis Jurnal

Abstract


Dalam segala bentuk usaha setiap orang, kelompok, organisasi dan lain-lain, selalu menginginkan tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Pencapaian tujuan tersebut, tentu saja memerlukan suatu usaha yang terus menerus, tabah dan berencana, sebagai suatu kegiatan yang melahirkan perbuatan untuk menghasilkan sesuatu yang diinginkan. Bukan kegiatan yang hanya sekedar menyelesaikan pekerjaan yang dibebankan padanya dalam kegiatan administrasi masing-masing individu. Dalam suatu organisasi atau lembaga, kegiatan setiap individu bukan sesuatu kegiatan yang absolut, tetati selalu berkaitan dengan kegiatan-kegiatan individu lainnya baik di dalam maupun di luar lembaga tersebut secara integratif dan partisipatif yang bertanggung jawab. Dalam hal ini termasuk didalamnya kegiatan-kegiatan seperti yang dilakukan oleh Fakultas Tarbiyah yaitu kegiatan akademik dalam membina mahasiswa sebagai tenaga profesional kependidikan, dimana tenaga dosen/tenaga pengajar merupakan suatu komponen yang lebih berperan diantara komponen-komponen lainnya.

Full Text:

PDF

References


Wardojo, Management, Beberapa Persoalan Praktek, CV. Mulia, Jakarta, 1969, hal. 3.

Ibid., hal. 3.

Fachruddin Hasballah, Peranan Administrasi dalam Pencapaian Tujuan, Makalah pada Training Center Kepengurusan SEMA Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry, Banda Aceh, 1977, hal. 2.

Badan Perencanaan Daerah Propinsi Daerah Istimewa Aceh, Koordinasi Pembangunan Wilayah Kecamatan, Makalah yang disampaikan pada Badan Perencanaan Daerah Propinsi Daerah Istimewa Aceh, Koordinasi Pembangunan Wilayah Kecamatan, Makalah yang disampaikan pada Biro Perencanaan.

Departemen Sosial RI, Buku I, Teori Perencanaan, Jakarta, hal. 2.

Ibid., hal. 4.

Jemes Drever, Kamus Psikologi, Bina Aksara, Jakarta, 1988, hal. 81.

Yayasan Pembangunan Masyarakat, Prinsip-prinsip Pengembangan Masya-rakat, Peran serta masyarakat, Bahan Lokakarya Peranan LSM/LPSM, Banda Aceh, tanggal 23 Januari 1989, hal. 2.

Badan Perencanaan Daerah Propinsi Daerah Istimewa Aceh, Koordinasi Pembangunan Wilayah Kecamatan, Makalah yang disampaikan pada Biro Perencanaan Dep. Sosial RI, Buku I, Teori Perencanaan, Jakarta, hal. 2.

Kenneth H.Blanchard, Human Resources Development, Menengok Kembali Kepemimpinan Situasional, (terjemahan) Yayasan Pembangunan Masyarakat: Banda Aceh.




DOI: http://dx.doi.org/10.1234/ojs.v1i1.649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
View My Stats