SERANGGA PERMUKAAN TANAH NOKTURNAL DI EKOSISTEM PANTAI KACA KACU PULO ACEH

Ulfa Febriani Utami, Varah Ulya Febriana, Zuraidah Zuraidah, Wasi’ah Turrahmah Wasi’ah Turrahmah

Abstract


Setiap serangga mempunyai sebaran khas yang dipengaruhi oleh biologi serangga, habitat dan kepadatan populasi. Peranan serangga dialam sangat penting, diantaranya sebagai dekomposer atau pengurai, serangga juga membantu penyerbukan pada tumbuhan. Keanekaragaman  serangga diyakini dapat digunakan  sebagai salah satu bioindikator kondisi suatu ekosistem. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 1 Mei sampai 3 Mei 2019 pada setiap pukul 18.00 WIB-06.00 WIB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis serangga permukaan tanah nokturnal di ekosistem Pantai Kaca Kacu Kecamatan Pulo Aceh. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan  Pitfall Trap (perangkap jebak). Analisis dilakukan menggunakan rumus indeks keanekaragaman Ĥ= -∑ Pi Ln Pi. Hasil penelitian menunjukkan indeks keanekaragaman serangga permukaan tanah nokturnal stasiun terdedah di Pantai Kaca Kacu tergolong sedang (Ĥ=2.675) dan pada  indeks keanekaragaman serangga permukaan tanah nokturnal stasiun ternaung di Pantai Kaca Kacu tergolong sedang (Ĥ=2.911). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kenekaragaman serangga permukaan tanah nokturnal di Pantai Kaca Kacu tergolong sedang dengan kisaran keanekaragaman 1< Ĥ < 3.


Full Text:

PDF

References


Abi, H. Dkk. 2017. “Identifikasi Morfologi Serangga Berpotensi Sebagai Hama Dan Tingkat Kerusakan Pada Bibit Meranti Merah (Shorea leprosula) Di Persemaian PT. Sari Bumi Kusuma”. Jurnal Hutan Lestari. Vol. 5. No. 3.

Azhari Rangkuti, Dkk. 2015. “Studi Komposisi Serangga Yang Terperangkap Kantong Semar (Nepenthes gymnamphora) Di Gunung Aseupan, Pandenglang, Banten”. Jurnal Biodiversitas. Vol. 2. No. 3.

Borror, Donald J. Dkk. 1992. Pengenalan Pelajaran Serangga. Yogyakarta : Gadjah Mada University.

Irham Falahudin, Dkk. 2015. “Diversitas Serangga Ordo Orthoptera Pada Lahan Gambut Di Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin”. Jurnal Boilmi. Vol. 1. No. 1.

Noor Fakhirah Haneda, Dkk. 2013. “Keanekaragaman Serangga Di Ekosistem




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i1.10548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0